iklan zonasultra

Koalisi PAN dan PKS di Pilkada Konkep untuk Musdar-Ilham Jaya

Koalisi PAN dan PKS di Pilkada Konkep untuk Musdar-Ilham Jaya
REKOMENDASI PKS - Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Sulawesi Tenggara (Sultra) Yaudu Salam Ajo (ketiga dari kiri) menyerahkan surat rekomendasi PKS kepada bakal calon Bupati Konawe Kepulauan Musda, di Kantor DPW PKS Sultra, Rabu (22/7/2020). (Foto: Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Musdar-Ilham Jaya berhasil mendapatkan rekomendasi dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Informasi tersebut diungkapkan Ketua Tim Pemenangan Pilkada PAN Sulawesi Tenggara (Sultra) Sukarman dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sultra Yaudu Salam Ajo.

“Iya benar PAN telah mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan Musdar-Ilham. Alasan PAN mendukung pasangan ini, karena Musdar merupakan kader,” kata Sukarman via telepon selulernya,” Rabu (22/7/2020).

Sementara Ketua DPW PKS Sultra Yaudu Salam Ajo mengatakan, PKS final mengusung Musdar-Ilham Jaya di Pilkada Konkep.

Keputusan PKS ini terbilang mengejutkan, karena selama ini banyak kalangan yang memperkirakan partai besutan Sohibul Iman itu akan melabuhkan dukungan kepada petahana Amrullah.

Yaudu menjelaskan, alasan PKS memilih pasangan Musdar-Ilham Jaya karena pasangan ini terus melakukan komunikasi politik mulai dari tingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) hingga DPP.

“Dari penjelasan DPD setelah beberapa waktu kita tunggu, mereka menyampaikan komunikasi dengan Musdar sudah final,” kata Yaudu via telepon selulernya, Rabu (22/7/2020).

Selain itu, kata Yaudu, alasan PKS mengusung pasangan tersebut, karena Ilham Jaya telah menyatakan kesiapannya menjadi kader PKS dan pernyataan itu direspon baik oleh Musdar.

Ia berharap keduanya bisa memberikan perhatian kepada PKS, dan Musdar tidak merasa keberatan apabila wakilnya itu bergabung dengan PKS.

Dengan dukungan PAN (3 kursi) dan PKS (1 kursi), pasangan Musdar- Ilham Jaya telah punya tiket untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konkep. Pasangan ini total sudah mendapatkan 4 kursi parlemen dari total 20 kursi di DPRD daerah itu.

Undang-undang mengamanatkan, pasangan balon bupati – Wakil Bupati Konkep bisa daftar di KPU minimal didukung 20 persen dari jumlah kursi anggota dewan setempat. (a)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib