iklan zonasultra

iklan zonasultra

Komit Bangun Smelter, PT Ceria jadi Pelanggan Premium Platinum PLN dengan Daya 118 Juta VA

Komit Bangun Smelter, PT Ceria jadi Pelanggan Premium Platinum PLN dengan Daya 118 Juta VA
PLN SULSELRABAR - General Manager PT. PLN (Persero) Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar) Bambang Yusuf (empat dari kanan) saat berfoto bersama dengan Direktur Utama (Dirut) PT. Ceria Nugraha Indotama Derian Sakmiwata (tiga dari kiri) usai penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL), Rabu (4/7/2018) di Kantor PLN Sulselrabar, Makassar. (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, MAKASSAR – PT PLN (Persero) Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara, Barat (Sulselrabar) resmi menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) dengan PT. Ceria Nugraha Indotama (CNI). PT. CNI, salah satu perusahaan yang akan membangun Smelter di Sulawesi Tenggara (Sultra).

SPJBTL tersebut ditandangani oleh General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar, Bambang Yusuf, dengan Direktur Utama PT Ceria Nugraha Indotama, Derian Sakmiwata, Rabu (4/7/2018) di Kantor PLN Wilayah Sulselrabar, Makassar.

PT CNI merupakan perusahaan industri pemurnian biji nikel yang beroperasi di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka.

Bambang Yusuf dalam sambutannya mengatakan, PT Ceria ini merupakan pelanggan Premium Platinum PLN terbesar di Indonesia bagian Timur dengan daya 118 Juta VA.

Dimana pelanggan premium platinum akan menjadi prioritas yang mendapat jaminan kontinuitas pasokan listrik secara terus menerus tanpa padam dan akan mendapat kompensasi apabila mengalami pemadaman diluar rencana.

“Bagi Industri, listrik yang andal dan berkualitas merupakan sebuah kebutuhan,” ungkap Bambang.

Direktur PT Ceria Deria Sakmiwata mengungkapkan, bahwa untuk mendirikan pembangkit listrik sendiri itu membutuhkan cost yang sangat besar, belum lagi untuk perawatan. Menurutnya, mengapa harus membangun pembangkit listrik jika sudah ada PLN yang siap untuk mensuplai tenaga listrik.

“Kami yakin PLN mampu memberikan daya listrik ke kita, kalau nggak ya gak mungkin kita melangkah sejauh ini,” ungkap Derian.

Ia pun berharap jika tahap pembangun dari Smelter miliknya dapat berjalan dengan lancar atas dukungan pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten.

PT Ceria saat ini telah memiliki lahan seluas 6.785 hektar dan sudah menyerap tenaga kerja sekitar 900 orang yang 70 persen merupakan tenaga kerja lokal setempat.

“Semuanya itu akan terwujud jika didukung kesediaan infrastruktur listrik sehingga proses pembangunannya dapat kami selesaikan tepat waktu” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Daerah (DPMD) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Sultra, Masmuddin yang turut hadir dalam acara ini menyampaikan apresiasinya kepada PLN Sulselrabar atas kerja kerasnya untuk menyediakan pasokan listrik bagi PT CNI.

“Kami sangat bangga karena PLN mampu menyakinkan kita bahwa PLN mampu menyediakan listrik untuk menopang keberadaan PT Ceria sebagai pioner industri smelter di Kolaka. Ini bukti nyata bahwa PLN komitmen mendukung pertumbuhan ekonomi,” jelas Masmuddin.

Layanan Premium Platinum sendiri bertujuan untuk mendukung pelaku usaha mulai dari pasokan listrik yang handal. Olehnya Bambang Yusuf berharap dengan adanya pelanggan premium dapat menunjang gairah ekonomi di Bumi Anoa khususnya di Kabupaten Kolaka.

“Oleh karena itu PLN siap melayani kapanpun, berapapun, dan di manapun bagi pelanggan yang ingin berinvestasi di Sulselrabar,” tukasnya. (A)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib