iklan zonasultra

Komitmen Dinkes Sultra Edukasi Warga agar Terhindar dari Covid-19

Kadis Kesehatan Sultra Andi Hasnah
Andi Hasnah

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tak henti-hentinya melakukan pencegahan penularan virus SarsCoV-2 penyebab Covid-19 di Bumi Anoa. Instansi ini terus berkomitmen memastikan masyarakat Sultra terbebas dari virus corona.

Guna memutus rantai penularan virus corona, dinas yang dinahkodai Andi Hasnah ini melakukan tiga bentuk upaya pencegahan, antara lain disinfeksi ke rumah-rumah warga terdampak Covid-19, penyuluhan, dan melakukan tes suhu tubuh.

Kegiatan yang dikomandoi oleh Kepala Seksi (Kasi) Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes Sultra Andi Sultan Bakri, melibatkan berbagai unsur di antaranya kepolisian dan TNI. Kesemuanya terhimpun dalam gugus tugas Covid-19 bidang kesehatan.

Komitmen Dinkes Sultra Edukasi Warga agar Terhindar dari Covid-19

Komitmen itu ditunjukkan hari ini, Senin (11/5/2020) di kawasan pemukiman warga di Kompleks RCTI, Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia, Kota Kendari. Kegiatan ini dilakukan sejak sebulan lalu, namun pekan ini makin diintesifkan tiga kali dalam sehari. Pusat perbelanjaan dan tempat olahraga tidak luput dari operasi ini.

“Agar masyarakat menerapkan social distancing atau menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Kita mengedukasi agar masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat agar Covid-19 ini bisa segera dicegah,” kata Andi Sultan Bakri.

Komitmen Dinkes Sultra Edukasi Warga agar Terhindar dari Covid-19Tak hanya melakukan disinfeksi dan edukasi, pihaknya juga membekali masyarakat agar peka terhadap aktivitas massa yang besar atau kerumunan. Dinkes Sultra juga mengingatkan masyarakat supaya tetap menjaga jarak.

“Melihat di kota lain ketat dengan aturan, jadi posko gugus tugas Covid-19 memantau kalau ada masyarakat yang berkumpul lebih dari lima orang dengan tidak menerapkan jaga jarak, diberi edukasi atau dibubarkan lah,” jelas dia.

“Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar perintah dinas kesehatan selaku koordinator gugus tugas kesehatan, fungsinya melakukan sosialisasi edukasi masyarakat, melalui media baik cetak, online dan televisi,” tambahnya.

Komitmen Dinkes Sultra Edukasi Warga agar Terhindar dari Covid-19

Andi Sultan beserta tim yang terlibat di lapangan berharap kegiatan ini efektif dan bisa dipahami masyarakat, sehingga bisa mencegah penyebaran dan mempercepat penanganan Covid-19 di Sultra.

Operasi ini rupanya sudah menjadi program andalan Kadis Kesehatan Sultra Andi Hasnah. Perencanaan dan persiapan personil dilakukan dengan matang bersama banyak tim. Operasi ini pula melayani permintaan masyarakat yang belum tersentuh disinfeksi dan penyuluhan.

Komitmen Dinkes Sultra Edukasi Warga agar Terhindar dari Covid-19

“Direncanakan di gugus tugas itu setiap hari melakukan disinfeksi sesuai dengan rencana wilayah. Jadi banyak tim yang turun. Selain direncanakan, juga melayani permintaan masyarakat yang belum tersentuh disinfeksi dan penyuluhan,” tutur Andi Hasnah saat ditemui di posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra.

Pihaknya juga mengutamakan zona yang terpapar atau memiliki warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Akan tetapi merespon permintaan warga dengan cepat, kini hampir seluruh kawasan di Kota Kendari sudah dijamah anak buahnya. (Adv)

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib