Honda

Komunitas Photo Sultra Mulai Lirik Pembentukan Koperasi

Komunitas Photo Sultra Mulai Lirik Pembentukan Koperasi
FOTO BERSAMA - Komunitas Photo Sultra saat foto bersama usai bersilaturahmi bersama pimpinan Pusat Layanan Usaha (PLUT) Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) Provinsi Sultra, Erytnanda Akbar di gedung PLUT-KUMKM Sultra, Rabu (18/9/2019). (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Para pecinta fotografi di Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai tertarik membentuk koperasi sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan anggota komunitas, yang merupakan pengusaha perseorangan di bidang fotografi.

Sehubungan dengan hal itu, komunitas yang berdiri sejak 2007 ini menggelar silaturahmi dengan pimpinan Pusat Layanan Usaha (PLUT) Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) Provinsi Sultra, Erytnanda Akbar, untuk menggali informasi terkait pendirian koperasi tersebut.

“Mereka secara organisasi sudah ada praktik dari koperasi. Hanya saja karena belum ada edukasi, mereka belum tahu apa yang mereka lakukan itu koperasi atau bukan,” kata Erytnanda, ditemui gedung PLUT-KUMKM Sultra, Rabu (18/9/2019).

iklan zonasultra

Ia menyebutkan, dengan membentuk koperasi, sama halnya mereka bersatu membangun kekuatan ekonomi bersama. Dengan modal dari seluruh anggota komunitas, tentunya akan bermanfaat untuk membesarkan koperasi yang imbasnya akan berujung pada kesejahteraan anggotanya.

“Modal dari 1 orang tentunya beda dengan modal gabungan dari 30 orang. Modal 30 orang akan jauh lebih bermanfaat. Tujuan koperasi kan untuk menyatukan kekuatan ekonomi untuk memberikan dampak ke anggotanya, termasuk keuntungan ekonomi,” kata dia.

(Baca Juga : Ratusan Generasi Milenial Meriahkan MOFEST Kendari 2019)

Sementara itu, Sekretaris Komunitas Photo Sultra, Thiar mengungkapkan, dengan adanya silaturahmi perdana ini, pihaknya mengambil banyak ilmu untuk lebih mengembangkan bisnis dari kemampuan mereka, salah satunya motivasi membentuk koperasi.

“Dari pertemuan ini, kami akan mengupayakan secepat mungkin mendirikan koperasi, sebagaimana yang diarahkan untuk kesejahteraan anggota,” kata Thiar.

Komunitas Photo Sultra adalah komunitas yang berdiri dari hasil inisiatif para fotografer untuk bergabung dan mengembangkan seni fotografer khusus di bidang komersil, seperti pernikahan maupun seremonial seperti wisuda. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib