iklan zonasultra

Kongres PAN, Polda Sultra Dapat Bantuan 200 Brimob dari Polda Sulsel

Kongres PAN, Polda Sultra Dapat Bantuan 200 Brimob dari Polda Sulsel
PENGAMANAN - Personil Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan persiapan pengamanan di arena Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Claro, Kota Kendari, Sultra, Minggu (9/2/2020). (Fadli Aksar/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI -Menjelang Kongres ke V Partai Amanat Nasional (PAN) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) Kepolisian Daerah (Polda) Sultra mendapat bantuan sebanyak dua satuan setingkat kompi (SSK) atau sebanyak 200 personil dari satuan Brigade Mobil (Brimob) dari Polda Sulawesi Selatan.

Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Sultra Kombes Pol Subnedih mengatakan, total 1.200 personel kepolisian dan TNI yang dikerahkan untuk mengamankan Kongres V PAN yang akan dihelat mulai Senin 10 sampai 12 Februari 2020. Termasuk bantuan 200 personel dari Makassar tersebut.

“Besok (10/2/2020) ada dua kompi pasukan Brimob dari Makassar datang. Iya (diperbantukan) khusus pengamanan kongres. Ada sekitar 1.200 personil gabungan dari Polri-TNI yang akan mengamankan,” jelas Kombes Pol Subnedih di arena kongres, Minggu (9/2/2020).

iklan zonasultra

Lebih dari ribuan personel itu dikerahkan untuk mengamankan tiga titik lokasi berlangsung rangkaian ajang lima tahunan partai matahari terbit itu. Subnedih memaparkan, pengamanan pertama di arena Kongres Hotel Claro, kemudian di lapangan eks MTQ untuk kegiatan pembukaan dan 32 hotel yang ditempati peserta kongres.

(Baca Juga : Enam Ribu Peserta Diprediksi Hadiri Kongres V PAN di Kendari)

“Termasuk lalulintas kita siagakan untuk pengawalan peserta yang baru turun dari pesawat (ke lokasi kongres). Sterilisasi pengamanan akan melibatkan tim penjinak bom (Jibom) Gegana Brimob. Sterilisasi dilakuan empat jam sebelum kongres dimulai,” tegas polisi berpangkat tiga melati ini.

Aparat keamanan, menurut dia, bakal memperketat pengamanan dengan menyiagakan pasukan di tiga ring, antara lain di phinisi ball room menuju tempat makan (restoran), lantai dasar, dan di depan halaman hotel terbesar di Sultra ini.

Subnedih menegaskan, tidak ada pengawalan khusus untuk setiap kandidat calon ketua umum, namun polisi hanya melakukan pengawalan saat kedatangan dan sampai tiba di arena kongres. Pihaknya juga mengarahkan armada kendaraan taktis dan ambulans serta tim medis.

“Polda Sultra juga menyiapkan kendaraan dinas dan taktis serta ambulans, tim dokter juga kita sediakan, karena permintaan dari panitia, lalu juga peserta yang akan datang banyak, maka kita akan kita siapkan rumah Sakit Bahteramas sebagai rujukan,” tukasnya. (a)

 


Kontributor: Fadli Aksar
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib