iklan zonasultra

iklan zonasultra

Kontribusi CSR PT ANTAM Bidang Pendidikan yang Berakar Pembangunan Sulawesi Tenggara

Juara 3 Lomba Menulis 50 Tahun CSR ANTAM Membangun Sultra, Kategori Pelajar

PT ANTAM (persero) Tbk merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dalam sektor pertambangan hadir dengan program CSR untuk membangun kualitas kehidupan yang lebih baik di sekitarnya, khusunya dalam dunia pendidikan. Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sosial dan lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.

Seperti yang diketahui bersama sektor pertambangan merupakan salah satu sektor yang mendukung keberhasilan pelakasanaan pembangunan nasional dan pembangunan suatu daerah. Pada pelaksanaannya adalah melalui pengolahan potensi sumber daya mineral yang menjadi modal ekonomi serta menjadi modal sosial dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat.

Kontribusi yang diberikan oleh sektor pertambangan terhadappembangunan suatu wilayah dapat dilihat dan dirasakan padaruang lingkup kualitas kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat terutama pada wilayah dimana sumber dayatersebut berada dan dikelola.  Maka tentunya dua hal pokok tersebut menjadi hal terpenting dalam pembangunan yang berkelanjutan.

Kontribusi ekonomi menjadi dampak tersendiri bagi pendapatan pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten dimana operasi pertambangan itu dilakukan. Pendapatan tersebut dapat diperoleh secara langsung maupun mekanisme bagi hasil dan pajak. Di sinilah sektor pertambangan menjadi harapan untuk dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah.

Salah satu misi terpenting dari Sulawesi Tenggara yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia sejalan lurus dengan tujuan CSR PT. ANTAM yaitu mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya melalui pendidikan.

Keberhasilan pemerintah dan pembangunan pada dasarnya tergantung pada dua faktor, yaitu SDM dan SDA. Hal ini mempunyai peran penting karena masyarakat atau generasi muda yang berkompeten merupakan harapan percepatan pembangunan bagi suatu daerah.

Program CSR PT ANTAM membangun Sulawesi Tenggara dapat dilihat secara nyata oleh masyarakat yaitu: ANTAM memberikan perhatian besar pada pendidikan anak Indonesia. Karena seperti diketahui bahwa pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan taraf hidup dan memberantas kemiskinan.

Disamping itu, melalui pendidikan, ANTAM mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan bangsa menuju masyarakat mandiri yang mampu bersaing di era globalisasi saat ini. Kepedulian ini diwujudkan dalam bentuk bantuan pendidikan berupa beasiswa, pembangunan sarana dan prasarana pendidkan seperti pembangunan gedung sekolah, pagar sekolah, dan pemberian buku pembelajaran.

Bentuk beasiswa yang diberikan oleh ANTAM mulai dari jenjang pendidikan Sekolah dasar hingga Perguruan Tinggi. Pemberian beasiswa tersebut diperuntukan bagi pelajar yang tidak mampu namun berprestasi. Khusus untuk beasiswa perguruan tinggi diberikan kepada mahasiswa terpilih, yakni kepada putera daerah.

Dalam memberikan beasiswa tingkat strata satu ini ANTAM bekerjasama dengan berbagai Universitas di Indonesia, misalnya Universitas Haluleo, Kendari; Universitas 19 November, Kolaka; Universitas Hasanuddin, Makassar.

Pendidikan merupakan hal terpenting bagi sumber daya manusia untuk dapat menjalani kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya, khususnya bagi generasi muda menjalankan kehidupan di masa yang akan datang.

Perkembangan zamanyang semakin pesat terjadinya perubahan sosial akan berpengaruh pada sikap dan kebiasaan masyarakat untuk mampu bertahan hidup dengan kondisi yang ada.

Hal ini merupakan peran penting pemerintah dalam membangun pendidikan bagi generasi muda dan peduli akan kualitas sumber daya manusia yang berkompeten sehingga dapat membangun bangsa Indonesia lebih maju.

Pemerintah sebagai peran utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan akan tetapi tidak sepenuhnya pemerintah dapat lakukan secara optimal oleh sebab itu peran swasta yang dapat membantu pemerintah.

Dengan demikian salah satu perusahaan yang berada di Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka yaitu PT. ANTAM yang memproduksi nikel tentunya memiliki dampak positif maupun negatif terhadap lingkungan, dalam hal ini masyarakat Kecamatan Pomalaa yang terdekat dengan kegiatan tambang dari PT. ANTAM maka perusahaan dapat mengatur pengolahan limbahnya agar tidak merugikan masyarakat. Masyarakat pun tidak ingin terganggu dengan kegiatan tambang dari perusahaan oleh karena itu PT. ANTAM sebagai sektor industri memiliki peran swasta melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Program CSR yang dilakukan oleh PT. ANTAM membantu menciptakan kondisi masyarakat yang lebih baik salah satunya program dalam bidang pendidikan. PT. ANTAM berkontribusi dalam bidang pendidikan untuk masyarakat Kecamatan Pomalaa-Kolaka untuk menciptakan kualitas SDM yang lebih baik.

Corporate Social Responsibility (CSR) PT. ANTAM sebagai solusi masalah bagi masyarakat Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka. CSR ini yang mampu membuka pola pikir anak-anak agar mampu bertahan hidup di masa akan datang tentunya dengan perubahan sosial yang akan terjadi.

Semoga PT. ANTAM semakin tahun semakin maju, sehingga dengan sendirinya kepedulian, dan perhatian PT. ANTAM terhadap masyarakat lebih meningkat lagi, karena kalau PT. ANTAM semakin maju tentu kita juga yang akan merasakan manfaatnya. Kegiatan CSR sejatinya, jika dikonsep dengan lebihserius, bisa menjadi suatu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mereka yang menjadi penerimanya.

ANTAM bisa secara bersama-sama menjadi pioner pembangunan yaitu pemberdayaan manusia khususnya bidang pendidikan, bantuan ini kembali memberikan gambaran yang besar terhadap komitmen yang sudah dibangun antara PT. ANTAM dengan Pemerintah Daerah (PEMDA) yang sudah sangat terjalin sangat baik sampai dengan hari ini.

 

Penulis: Putri Sinta Syarif
Penulis adalah: Pelajar di SMAN 1 Kolaka, Sulawesi Tenggara

Juara III Lomba Menulis 50 Tahun CSR ANTAM Membangun Sultra, Kategori Pelajar

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib