iklan zonasultra

iklan zonasultra

Korban Banjir di Desa Lawoila Konsel Mulai di Serang Penyakit

Korban Banjir di Desa Lawoila Konsel Mulai di Serang Penyakit
BANJIR KONSEL - Tampak salah seorang pasien bernama Sumiati (37) salah seorang warga yang dirawat di tempat pengungsian. Rumahnya terendam banjir setinggi dua meter yang terletak di Desa Lawoila Kecamatan Konda Kabupaten Konsel. Selasa (26/6/2018). (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO-Warga korban banjir di Desa Lawoila Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai terserang penyakit ditempat pengungsian.

Kepala Desa (Kades) Lawoila Koeswara mengatakan sejauh ini warganya memilih tetap bertahan di Balai desa karena kondisi rumah warganya yang masih terendam banjir. Ditambah kondisi cuaca yang juga masih berpotensi hujan.

(Berita Terkait : Banjir, Warga Desa Lamokula Konsel Terancam Tak Ikut Pilgub)

“Makanan seperti mi instan dan makanan ringan hingga beras yang ada disini itu hasil sumbangan dari warga. Ada juga yang diberikan dari ibu wakil ketua DPRD Konsel sewaktu mengunjungi kami disini, yang diberikan seperti minuman teh gelas dan roti” kata Koeswara saat ditemui dilokasi banjir. Selasa (26/6/2018).

Korban Banjir di Desa Lawoila Konsel Mulai di Serang PenyakitKoeswara menambahkan total terdapat 127 jiwa dari 33 kepala keluarga yang mengungsi dibalai desa hingga saat ini. Pihak pemerintah daerah belum memberikan bantuan, Koeswara mengungkapkan pihak BPBD hanya melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak banjir kemarin.

Sementara itu dari pantauwan awak zonasultra di lokasi pengungsian, sejumlah warga mulai terserang penyakit seperti demam dan gatal-gatal. Hal itu ditandai dengan banyaknya warga yang melakukan pengobatan kepada petugas kesehatan yang disiapkan di lokasi.

“Sampai hari ini sudah ada sebanyak 43 warga yang kami tangani, kebanyakan orang dewasa karena mengeluh demam dan gatal-gatal, pasien kami rawat karena mengeluh mual dan pusing karena sedang hamil,” ujar Adi salah seorang petugas medis dilokasi pengungsian.

(Berita Terkait : Banjir, Satu TPS di Moramo Utara Terancam Alami Penundaan Pemungutan Suara)

Adi menambahakan, saat ini pihak Puskesmas terus menyiapkan obat-obatan seperti salep untuk mengobati gatal pada kulit dan obat-obatan lainya. (B)

 


Reporter : Erick Ari Wibowo
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib