Tampilan Desktop



KPPS TPS 21 Bende Bantah Pernyataan Bawaslu Soal PSU
356 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 21 Kelurahan Bende, Mudasir membantah jika ada yang memilih lebih dari satu kali di TPS yang ditanganinya dalam Pemilihan Walikota (Pilwali) Kendari 2017.

Berita Terkait : KPU Kendari Pernah Mangkir dan Sembunyikan Data Pilwali dari Bawaslu

PSU_ilustrasi

Ilustrasi

Mudasir juga membantah, jika Bawaslu Sultra pernah memanggilnya untuk melakukan klarifikasi terkait Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 21 Bende, sebab tidak ada satupun surat panggilan yang diterima KPPS. Namun begitu diakuinya, memang ada kesalahan penulisan dalam C7 KWK (absen daftar hadir pemilih di TPS) yang terjadi dobel penulisan nomor daftar pemilih tetap (DPT).

Lanjut dia, jumlah pemilih dalam C7 KWK yaitu 315 sementara di DPT dan DPTb (daftar pemilih tambahan) totalnya 312. Tetapi di dalam kotak suara hanya 311 (suara yang terhitung) karena ada 1 orang yang pulang sehingga tidak memilih

“Karena pada waktu itu kita dipadati oleh warga jadi kita keliru dalam penulisan C7 KWK itu. Kami juga sudah klarifikasi ke pemilih bahwa mereka memilih hanya sekali dan siap bertanggung jawab,” ujar Mudasir, Sabtu (11/3/2017).

Ia mengakui bahwa pada saat hari pemilihan 15 Februari 2017, ada saksi pasangan calon (paslon) memprotes bahwa C6 (pemberitahuan memilih) yang sudah dipanggil harus diparaf. Selain itu, semua saksi juga keberatan dengan adanya surat suara yang berlebihan. Namun itu semua sudah diselesaikan hari itu juga dan dimasukan dalam formulir C2 (kejadian khusus).

Berita Terkait : Tak Ada Panggilan Klarifikasi PSU, KPU Kendari Minta Bawaslu Pahami Regulasi

Sementara, untuk masalah C7 KWK, saat itu dimaklumi oleh semua saksi karena melihat langsung bahwa jumlah total DPT dan DPTb sudah sesuai yakni 312. Lanjut Mudasir, C7 KWK tidak sempat diperbaiki dan diperiksa kembali karena pada hari itu semua saksi sudah buru-buru mau pulang.

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu Sultra merekomendasikan kepada KPU Sultra untuk memerintahkan KPU Kendari melaksanakan PSU pada TPS 3, TPS 17, TPS 19, dan TPS 21 Kelurahan Bende. Penyebabnya ditemukan beberapa pemilih yang memilih lebih dari satu kali. (B)

 

Reporter : Muhammad Taslim Dalma
Editor : Kiki

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com