iklan zonasultra

KPU Butur Selenggarakan Bimtek PPS

KPU Butur Selenggarakan Bimtek PPS
BIMTEK - KPU Butur melaksanakan bimtek terhadap 69 anggota PPS di Wilayah Kecamatan Kulisusu, Selasa (16/6/2020). (M5/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA COM, BURANGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur) menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) terhadap 69 Panitia Pemungutan Suara (PPS) wilayah Kecamatan Kulisusu pada Selasa (16/6/2020).

Kegiatan ini dihadiri langsung Ketua KPU Butur, Hasrudin. Dia mengatakan kegiatan tersebut untuk memberi pemahaman dan pembekalan kepada PPS untuk menjalankan tugas-tugas di lapangan.

“Untuk kecamatan lain karena proses penyelenggaraan pemilu pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 ini, kita harus mengacu pada protokol kesehatan. Pelaksanaan bimtek ini kami lakukan secara bergelombang untuk di setiap kecamatan,” ujar Hasrudin, ditemui usai kegiatan.

Kegiatan serupa, kata dia, akan dilaksanakan di tiap wilayah kecamatan. “Hari ini Kecamatan Kulisusu, kemudian besok karena jumlah PPS-nya agak sedikit kami menggabung 2 kecamatan, untuk Kecamatan Kulisusu Utara dan Kulisusu Barat,” imbuhnya.

Terkait materi yang diberikan pada kegiatan ini, mencangkup proses tata kerja PPS serta materi-materi lain yang dibawakan oleh tiap divisi KPU.

“Menyangkut masalah hukum dibawakan oleh divisi hukum tentang kode etik. Divisi SDM tadi membawakan materi tentang sosialisasi tahapan. Begitu juga divisi teknis, teknis penyelenggaraan disampaikan secara umum tadi,” terangnya.

Terkait perbedaan pelaksaan tahapan Pilkada 2020 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, ia mengatakan tidak ada perbedaan hanya saja ada acuan protokol kesehatan yang harus dipatuhi mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Teknis penyelenggaraan sesungguhnya sama semua, hanya perlu kami lakukan, perlu kami perhatikan adalah sesuai dengan keputusan pemerintah tentang pelaksaan itu harus mengacu kepada protokol kesehatan,” jelasnya. (C)

 


Penulis: M5
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib