KPU Koltim Kenalkan Surat Suara ke Kalangan Milenial

KPU Koltim Kenalkan Surat Suara ke Kalangan Milenial
SOSIALISASI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar festival kreasi seni budaya dan konser musik, di lapangan Nur Latamoro, Kecamatan Tirawuta. (SAMRUL/ZONASULTRA)

ZONASULTRA. COM, TIRAWUTA – KPU Kolaka Timur (Koltim) mengenalkan surat suara Pemilu 2019 ke kalangan pemilih pemula (milenial). Salah satu caranya, dengan menggelar festival kreasi seni budaya dan konser musik, di lapangan Nur Latamoro, Kecamatan Tirawuta, Rabu (20/3/2019).

Festival itu diikuti oleh 5 grup band dan 4 peserta dari sanggar tari dari Koltim, Konawe dan Kolaka. Untuk Dewan jurinya adalah Kordinator Divisi Tehnis KPU Provinsi Sultra, Iwan Rompo Banne dan dari Koheo Film Kendari.

Jumlah kalangan milenial yang datang dalam festival itu berjumlah puluhan orang. Sosialisasi kepada kalangan milenial salah satunya adalah pengenalan berupa warna surat suara, serta waktu pelaksanaan (hari H) pemilu nanti.

(Baca Juga : KPU Koltim Temukan 7.042 Surat Suara Rusak)

Bayu (19) salah satu, pemilih kalangan milenial, mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. Sebab dari kegiatan itu, Ia bisa banyak mendapat pengetahuan mengenai surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden, surat suara DPD RI, DPR Provinsi, dan surat suara DPR Kabupaten.

“Alhamdulillah saya dapat lagi pengetahuan dari acara hari ini. Kalau masalah hari H pemilihan saya sudah tahu, ” kata Bayu.

Hal sama juga diungkapkan Mila (20). Perempuan yang sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan belum menikah itu juga mengaku banyak memperoleh gambaran yang penting pada pelaksanaan pemungutan suara nanti.

“Kalau ada sosialisasi begini sangat membantu saya biar dapat pengetahuan yang banyak tentang pemilihan nanti. Selama ini saya juga sudah disampaikan keluarga, atau cerita-cerita sama teman tapi kali ini saya dapat langsung dari panitia pemilihan,” ucapnya.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Koltim Ashari Malaka mengatakan tujuan diadakan kegiatan itu guna mensosialisasikan serta mengajak seluruh komponen masyarakat Koltim khususnya kalangan milenial agar menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 17 April 2019.

“Semoga kegiatan ini bisa mendorong partisipasi dan semangat masyarakat Koltim utamanya pemilih dari kalangan milenial untuk benar-benar menyalurkan haknya nanti,” ujar Ashari. (B)

 


Kontributor : Samrul
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib