iklan zonasultra

KPU Koltim Sosialisasi Tahapan Pilkada 2020

KPU Koltim Sosialisasi Tahapan Pilkada 2020
SOSIALISASI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara, Kamis (21/11/2019) hari ini menggelar sosialisasi tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2020, di aula Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Kamis (21/11/2019) hari ini menggelar sosialisaai tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2020, di aula Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim.

Sosialisasi ini dihadiri, Bupati Koltim Tony Herbiansyah, Ketua KPU Provinsi Sultra La Ode Abdul Natsir, Komisioner Bawaslu Sultra Munsir Salam, Komisioner Bawaslu Koltim, pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Koltim, perwakilan Polres Kolaka, perwakilan Dandim Kolaka, para camat, lurah dan desa, pengurus partai politik (parpol) serta organisasi masyarakat (ormas).

Baca Juga : KPU Koltim Gelar Sayembara Maskot dan Jingle Pilkada 2020

iklan zonasultra

Ketua KPU Provinsi Sultra, La Ode Abdul Natsir dalam pemaparannya menyampaikan, pendaftaran, penelitian dan penetapan calon dimulai pada tanggal 16 Juni sampai 8 Juli 2020. Tahapan penyerahan syarat dukungan pasangan calon bupati/wakil bupati jalur perseorangan pada 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020.

“Kampanye dimulai pada 11 Juli sampai dengan 19 September 2020. Penghitungan dan rekapitulasi suara tanggal 23 September sampai 5 Oktober 2020,” kata Natsir.

Ketua Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU Koltim, Ashari Malaka mengatakan, sebelum sosialisasi tahapan pilkada, beberapa kegiatan telah dilakukan oleh KPU Koltim.

Sosialisaai dilakukan guna meningkatkan partisipasi pemilih dan menghasilkan pemilihan yang demokratis dan berintegritas. Apabila masyarakat dan semua pihak proaktif pada pilkada 2020, maka target partisipasi masyarakat dapat naik di atas 84 persen seperti yang dicapai pada pemilu serentak 2019.

“Masyarakat dapat berpartisipasi atau proaktif dalam pilkada 2020 khususnya mengenai pemuktahiran data pemilih. Semua warga Koltim secara administrasi yang memiliki KTP, KK bahkan surat keterangan pastikan telah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT),” katanya.

Dikatakannya, setelah melakukan sosialisasi tahapan pilkada maka akan dilakukan perekrutan panitia pemungutan suara dan sosialisasi berbagai aturan mengenai pemilu.

Baca Juga : KPU Koltim Tetapkan Syarat Dukungan Calon Perseorangan untuk Pilkada 2020

Ashari berharap agar semua stakeholder dalam hal ini pemerintah daerah (pemda) beserta semua jajarannya sampai pada tingkat RT, TNI, POLRI, Ormas, NGO, tokoh-tokoh masyarakat bersama-sama membantu penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu untuk mensukseskan penyelenggaraan Pilkada Koltim 2020.

“Mari kita kawal dan sukseskan pilkada yang profesional dan berintegritas, baik dalam proses maupun hasil,” ucap Ashari.

Sementara itu, Bupati Koltim, Tony Herbiansyah dalam pengarahannya berharap agar pelaksanaan pilkada tahun depan dapat berjalan sukses, aman, tertib dan damai, seperti kesuksesan yang telah diraih pada pelaksanaan pilkada 2015 lalu. (B)

 


Kontributor : Samrul
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib