iklan zonasultra

KPU Kolut Telah Terima 100 Persen Surat Suara Pemilu 2019

KPU Kolut Telah Terima 100 Persen Surat Suara Pemilu 2019
SURAT SUARA - Kertas surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kolaka Utara (Kolut) yang mengalami keterlambatan telah diterima oleh KPU Kolut, Jumat (22/3/2019). KPU Kolut kini telah menerima 100 persen logistik pemilu 2019. (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Kertas surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kolaka Utara (Kolut) yang mengalami keterlambatan telah diterima oleh KPU Kolut, Jumat (22/3/2019). KPU Kolut kini telah menerima 100 persen logistik pemilu 2019.

Ketua KPU Kolut Susanti Hernawaty mengatakan, kertas surat suara presiden dan wakil presiden, DPR RI, dan DPRD Sultra telah selesai dilipat. tan. Sedangkan kertas surat suara DPD dan DPRD Kabupaten, baru tiba sehingga logistik kertas surat suara telah sepenuhnya telah dan Rencana langsung akan dilakukan pelipatan.

“Kertas surat suara untuk DPD yang tiba hari ini sebanyak 191 koli dan kertas surat suara DPRD kabupaten sebanyak 199 koli. Rencananya akan langsung dilakukan pelipatan dan sortir,” kata Susanti, Jumat (22/3/2019).

iklan zonasultra

Menurut Susanti, sortir dilakukan sebanyak dua kali yakni sortir sebelum pelipatan dan sortir setelah pelipatan. Dalam pelipatan dan penyortiran kertas surat suara presiden dan wakil presiden, DPR RI, dan DPRD Provinsi, KPU menemukan ada lebih 400 lembar kertas yang rusak.

“Kertas surat suara yang cacat bisa berupa sobek saat pelipatan, gambar atau tulisannya buram, gambar atau tulisan tintanya masih basah dan terdapatnya titik tinta pada gambar atau nama salah satu caleg,” ujar Susanti.

Lebih lanjut dia jelaskan, untuk logistik pemilu yang belum tiba yakni C-1 plano sedangkan logistik yang lain seperti kotak surat suara, bilik suara, kertas surat suara lima jenis, tinta dan ATK lainya telah tiba.

Untuk pemilu 2019, daftar pemilih tetap (DPT) Kolut hasil perbaikan tahap kedua berjumlah 93.499 dengan rincian 47.366 laki-laki dan 46.113 perempuan. Sedangkan tempat pemungutan suara (TPS) ada 410 yang tersebar di 15 kecamatan. (b)

 


Kontributor: Rusman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib