iklan zonasultra

KPU RI Himbau Aksi 22 Mei Berlangsung Damai

KPU RI Himbau Aksi 22 Mei Berlangsung Damai
PENGAMANAN - Situasi pengamanan aparat kepolisian dalam aksi 22 Mei di pelataran Bawaslu RI, Jakarta Pusat. Ratusan aparat polisi berpakaian lengkap bersiap membentuk barikade melindungi kantor Bawaslu. Tak ketinggalan kawat berduri (barier) sudah terpasang mengelilingi komplek penyelenggara pemilu ini, Rabu (22/6/2019).(Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menghimbau aksi demonstrasi yang akan dilakukan oleh sejumlah massa di KPU hari ini, Rabu (22/6/2019) dapat berlangsung damai.

Komisioner KPU RI Viryan Azis, mengatakan bahwa pihaknya menghormati hak warga negara untuk mengekspresikan pendapat di muka umum. Namun demikian, Viryan menghimbau proses aksi tersebut dalam kerangka damai dan lebih mengedepankan aspek kreatif dalam berunjuk rasa.

“Jadi berkreasi dalam aksi aksi demonstrasi itu memungkinkan. Bisa saja untuk meraih simpati masyarakat atau untuk menyampaikan pesan pesan penting kepada kami, substansinya adalah yang dinginkan oleh masyarakat yang berunjuk rasa itu kan keadilan dalam pemilu,” terang Viryan di Kantor KPU RI Jalan Imam Bonjol, Menteng Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019).

iklan zonasultra

(Baca Juga : Rekapitulasi KPU RI, Jokowi – Ma’ruf Jadi Pemenang Pilpres 2019)

Kata dia, sebenarnya keadilan dalam pemilu dalam kerangka negara demokrasi salah satunya bermuara pada aspek hukum itu melalui Mahkamah Konstitusi (MK). Viryan menegaskan bahwa untuk mendapatkan keadilan dalam pemilu tidak akan selesai lewat aksi aksi jalanan. Melainkan hanya bisa selesai melalui mekanisme hukum yang ada di MK.

“Pada konteks itulah kami sangat apresiasi dan menghormati langkah-langkah yang diambil seluruh peserta pemilu yang menduga, yang merasa, yang melihat, yang memiliki bukti bahwa dalam proses pemungutan serta penghitungan suara maupun rekap, terdapat dugaan-dugaan kecurangan,” imbuhnya.

(Baca Juga : Massa Aksi 22 Mei Salat Duhur Berjamaah di Jalan Depan Starbuck Thamrin)

Viryan juga menyampaikan bahwa KPU selalu menyampaikan ke masyarakat apa yang sudah dikerjakan secara transparan, terbuka dan akuntabel.

Dikabarkan sejumlah massa akan melakukan aksi demontrasi di Gedung KPU RI hari ini. Namun berdasarkan pantauan awak Zonasultra.com hingga pukul 11.00 wib massa aksi belum terlihat. Massa masih terkonsentrasi di halaman Bawaslu RI. (a)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib