iklan zonasultra

KPU RI : Libur 17 April Untuk Nyoblos, Bukan Piknik

Ilham Saputra
Ilham Saputra

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 telah ditetapkan sebagai hari libur nasional. Hal ini merujuk pada Keputusan Presiden Nomor 10 tahun 2019 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 sebagai Hari Libur Nasional.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri pun telah menerbitkanSurat Edaran (SE) No 1 Tahun 2019 tentang hari libur bagi pekerja/ buruh pada pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum tahun 2019.

Surat edaran tertanggal 9 April 2019 itu ditujukan kepada para gubernur di seluruh Indonesia untuk dijadikan pedoman, dan selanjutnya disampaikan kepada bupati/walikota serta pemangku kepentingan terkait di wilayahnya masing-masing.

iklan zonasultra

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mengingatkan bahwa penetapan libur digunakan untuk menggunakan hak pilih. Bukan malah piknik atau berpergian ke luar kota sehingga tidak menyalurkan hak pilihnya.

“Libur itu untuk menggunakan hak pilih. Negara ingin memastikan bahwa setiap pemilih bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik, maka diliburkan. Bukan untuk libur dalam hal berwisata tapi spesifik agar masyarakat terjamin bisa menggunakan hak pilihnya,” tegas Ilham Saputra di kantornya, Jalan Imam Bonjol no.29 Menteng Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

(Baca Juga : Masa Tenang, KPU RI: Renungkan Pilihanmu!)

Ilham juga mengecam perusahaan yang tidak meliburkan karyawannya, sehingga tidak dapat menyalurkan suaranya pada hari pencoblosan nanti. Namun demikian, pihaknya optimis perusahaan patuh dan turut serta menyukseskan Pemilu 2019.

“Itu bisa sanksi pidana. Gak boleh menghalang-halangi hak pilih orang, tapi sebagian besar Insyaallah tertib,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu perusahaan tambang di Sulawesi Tenggara (Sultra) pun terkonfirmasi akan meliburkan karyawannya pada Rabu, 17 April nanti.

“Iya, karyawan libur untuk mencoblos, termasuk karyawan lapangan,” ujar Kasan Mulyono, Manager Hubungan Pemerintah PT. Ceria Nugraha Indotama saat dikonfirmasi awak Zonasultra.com melalui WhatsApp, Senin (15/4/2019). (a)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib