iklan zonasultra

KPU RI Serahkan Daftar Caleg DPR dan DPD ke Presiden

Ketua KPU RI Arief Budiman
Arief Budiman

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyerahkan daftar nama calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dan DPD RI periode 2019-2024 ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan dirinya telah menandatangani usulan daftar nama caleg dan hari ini (Rabu, 11/9/2019) dikirim ke istana.

Daftar nama caleg anggota DPR dan DPD nantinya akan dilantik oleh Presiden RI pada Oktober 2019 mendatang.

(Baca Juga : 6 Caleg DPR RI Dapil Sultra Lolos ke Senayan)

iklan zonasultra

“Kemarin saya sudah tanda tangan hari ini ini dikirim,” kata Arief saat ditemui di DPR RI Senayan Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).

Daftar nama caleg yang diusulkan ke presiden untuk dilantik adalah calon terpilih yang telah menyerahkan tanda terima laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Untuk Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebanyak enam caleg DPR RI telah diusulkan ke presiden yaitu Imran, Ridwan Bae, Hugua, Tina Nur Alam, Rusda Mahmud, dan Fachry Pahlevy Konggoasa. Sementara empat caleg DPD RI yang diusulkan untuk dilantik yakni Andi Nirwana, Amirul Tamim, Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan, dan Dewa Putu Ardika.

(Baca Juga : KPU Tetapkan Empat Anggota DPD RI Dapil Sultra)

“Di dalam PKPU (Peraturan KPU) disebutkan kalau tidak menyerahkan LHKPN tidak diusulkan, bukan berarti batal. Kita sudah usulkan kalau dia (caleg) menyerahkan nanti kita susulkan,” jelas Arief.

Sebelumnya, ada satu caleg DPR RI yang belum diusulkan lantaran belum menyerahkan tanda terima LHKPN. (B)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib