iklan zonasultra

KPU Sultra Ingin Konsel Jadi Contoh Penyelenggara Secara Nasional

KPU Sultra Ingin Konsel Jadi Contoh Penyelenggara Secara Nasional
SOSIALISASI - KPU saat melaksanakan sosialisasi tahapan lanjutan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konsel di gedung BLK Konsel, Rabu (1/7/2020). (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO– KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) menginginkan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) di Konawe Selatan (Konsel) dapat menjadi contoh hingga ke tingkat nasional dalam hal penyelenggaraan pemilihan yang berkualitas.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Sultra Laode Abdul Natsir Muthalib saat membuka kegiatan sosialisasi tahapan lanjutan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konsel di gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Lamong Jaya Kecamatan Laeya, Konsel, Rabu (1/7/2020).

Iklan Zonasultra

Natsir menyebut, Konsel merupakan daerah pertama di Sultra yang melakukan pemilihan secara langsung di tahun 2005.

Hal ini berdasarkan berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

“Pemilihan Suara Ulang (PSU) pertama juga ada di Sultra, nah pemilihan tahun ini merupakan sudah yang keempat kalinya. Saya kira demokrasi di Konsel harus menjadi contoh bagi daerah lain,” kata Natsir dalam sambutannya.

Meski begitu, Natsir mengaku tak mudah untuk mewujudkan hal itu, terlebih Konsel memiliki jumlah pemilih terbesar dengan daerah terluas di Sultra. Ia berharap hal itu tak menjadi alasan untuk penyelenggaraan pemilihan di daerah itu dapat berjalan dengan baik dan berkualitas.

“Untuk itu kita harus bekerja dengan ekstra keras, terlebih di masa Covid-19 ini, mohon penyelenggaraan ini tetap dapat dijaga,” katanya.

Di hadapan para peserta yang hadir, Natsir menyebut KPU harus tetap meneruskan tahapan lanjutan pemilihan yang sempat terhenti sesuai kebijakan pemerintah pusat. Beberapa teknis penyelenggaraan dipastikan mengalami perubahan. Dalam tahapan pemilihan dijalankan di tengah new normal tak hanya waktu tahapan yang digeser, teknis pengelenggara di lapangan juga bakal disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Sosialisasi tahapan ini, selain dihadiri empat komisioner KPU Sultra didampingi seluruh komisoner KPUD Konsel, pimpinan Bawaslu, para pengurus partai politik, pemantau dan forkompimda. (B)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib