iklan zonasultra

KPU Tetapkan Tiga Pasangan Calon di Pilkada Butur

KPU Tetapkan Tiga Pasangan Calon di Pilkada Butur
Penyerahan Surat Keputusan penetapan pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Buton Utara, Rabu (22/9/2020) (M5/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) menetapkan tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang. Penetapan berlangsung di Kantor KPU setempat, Kecamatan Bonegunu, Rabu (23/9/2020).

Penetapan berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buton Utara Nomor 56/PL.02.2-Kpt/7410/KPU-Kab/IX/2020 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati.

Surat Keputusan diserahkan langsung oleh KPU kepada masing-masing liaison officer (LO) pasangan calon setelah dilaksanakan rapat pleno tertutup.

Pasangan calon yang ditetapkan yakni Abu Hasan – Suhuzu, berakronim (AHS) usungan PDIP, mendapat dukungan dari PSI dan PPP. Jumlah 4 kursi di DPRD.

Kemudian pasangan calon Ridwan Zakaria – Ahali (RIDA) diusung partai PAN, Partai Demokrat dan Partai Golkar serta mendapat dukungan partai nonseat, Demokrat. Memiliki 10 kursi di DPRD.

Sementara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aswadi Adam – Fahrul Muhammad (ASRUL) mendapat usungan dari PKB, PKS, PKPI dan Partai Gerindra dengan jumlah enam kursi di DPRD.

Koordinator Teknis Penyelenggara KPU Butur, Muhammad Sairman Sahadia menyampaikan, hal tersebut dilaksanakan setelah melalui proses verifikasi dokumen syarat calon, mulai dari tahapan pendaftaran sampai kemudian perbaikan dokumen syarat calon, ketiga kandidat telah memenuhi syarat untuk ditetapkan menjadi pasangan calon.

“Harapan kita bisa saling bahu-membahu dalam suasana pilkada, baik pihak penyelenggara, Bawaslu, maupun semua pendukung dan masyarakat Butur agar kita melaksanakan seluruh rangkaian tahapan pilkada ini, dalam kesadaran dan ketaatan kita terhadap protokol kesehatan Covid-19,” paparnya.

Setelah penetapan hari ini, esok hari akan dilaksanakan pengundian nomor urut. (b)

 


Penulis: M5
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib