iklan zonasultra

KPUD Butur Butuh 30 Orang Relawan Demokrasi, Ikuti Rekrutmennya

Ketua KPU Butur, Hasrudin
Hasrudin

ZONASULTRA.COM, BURANGA- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buton Utara (Butur) segera membuka penerimaan relawan demokrasi yang dibutuhkan sebanyak 30 orang.

Ketua KPU Butur, Hasrudin memaparkan tugas pokok relawan demokrasi untuk membantu pihak penyelenggara dalam proses sosialisasi. Ia menambahkan, salah satu tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pemilu adalah tingkat partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak suara di TPS.

“Dipertengahan bulan september ini kami akan membuka pendaftaran relawan demokrasi. KPU Butur akan membentuk enam segmen relawan demokrasi dimana setiap segmen itu kami menerima lima orang,” ujar Hasrudin, saat ditemui di kantornya, Kamis (10/9/2020).

Relawan demokrasi yang digagas KPU berdasarkan kelompok masyarakat yang berasal dari berbagai segmen pemilih strategis yakni pemilih pemula, kelompok agama, kelompok perempuan, penyandang disabilitas dan kelompok pinggiran.

Dibentuk setiap segmen yang kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitasnya. Pembagian segmen itu dilakukan atas kesadaran bahwa tidak semua komunitas mampu dijangkau oleh program KPU.

“Terkait dengan penerimaan relawan demokrasi ini kita mulai setelah rapat koordinasi kemarin di KPU provinsi tujuh kabupaten yang akan melaksanakan pemilihan serentak lanjutan. Kemudian, diwajibkan untuk membentuk relawan demokrasi sebagai bagian dari tahapan sosialisasi dengan mempertimbangkan kesedian anggaran,” pungkasnya.

Dengan program ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali kesadaran positif masyarakat tentang pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta dapat mengajak masyarakat agar mau menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar. (b)

 


Penulis: M5
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib