KPUD Kolaka Gelar Silmuasi Situng Tahap II Pilkada Serentak

KPUD Kolaka Gelar Silmuasi Situng Tahap II Pilkada Serentak
SIMULASI SITUNG - Sejumlah operator aplikasi Situng tengah melakukan ujicoba simulasi perhitungan suara secara cepat untuk Pilkada serentak 2018. Simulasi itu dilakukan di kantor KPUD Kabupaten Kolaka, Kamis (7/6/2018). (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan uji coba simulasi aplikasi Sistem Perhitungan (Situng) Suara, Kamis (7/6/2018). Aplikasi tersebut rencananya akan digunakan untuk perhitungan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) serentak 2018.

Divisi Tekhnis Penyelenggara KPUD Kolaka Muhammad Aidil Adha mengatakan, uji coba simulasi itu dilakukan untuk melihat potensi gangguan dan kendala lainnya selama pelaksanaan perhitungan suara, baik dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Kolaka, maupun untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra nanti.

Tujuannya untuk mengukur sejauh mana kesiapan aplikasi Situng, serta mengetahui kendala-kendala apa saja yang terjadi, agar dapat diantisipasi sejak dini, sehingga pelaksanaan perhingan suara menjadi lebih baik.

“Situng bertujuan agar masyarakat bisa mengetahui hasil pemilihan dengan cepat melalui website KPU RI. Simulasi ini merupakan perintah langsung dari KPU RI kepada kami setelah mengikuti Bimbingan Tekhnis (Bimtek) kemarin,” kata Aidil di ruang kerjanya, Kamis (7/6/2018).

Uji coba itu merupakan persiapan penggunaan Situng dalam Pemilihan serentak 2018 oleh KPU. Dengan menyiapkan formulir model C dan C1 untuk di entri dan pindai di masing-masing kecamatan, desa dan TPS yang dipilih. Selanjutnya, uji coba tahap III nanti bakal dilakukan pada tangal 25 Juni 2018.

(Baca Juga : KPUD Kolaka Lakukan Pelipatan Surat Suara Pilgub Sultra)

Sementara itu, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Teknis Penyelenggaraan Pemilu selaku Kordinator Situng, Andrie Fajar Halyb KPU Kabupaten Kolaka Sulkarnain mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melakukan uji coba simuliasi untuk aplikasi yang sama di tanggal 28 Mei lalu. Selama enam jam masa percobaan, simuliasi itu hanya berhasil menghitung dokumen untuk 75 Tempat Pemilihan Suara (TPS) saja.

“Berbeda dengan simuliasi hari ini, kita berhasil mengentri hingga 300 TPS lebih,” kata Andrie yang benarkan oleh Sulkarnain, operator admin Situng KPU Kabupaten Kolaka.

Dia menambahkan, kegiatan uji coba secara serentak nasional diikuti diikuti oleh seluruh operator KPUD Kolaka. Proses simuliasnya dilakukan dengan mengentri, mengunggah dan memindai formulir model C, C1, DAA dan DAA1 yang tersebar di 10 kecamatan, 10 keluarahan/desa. Dimana masing-masing keluarahan/desa tersebar tiga TPS.

Andire juga mengatakan, aplikasi Situng membantu masyarakat untuk mengetahui informasi hasil pemilihan baik tingkat TPS, desa, kecamatan, kabupaten/kota, serta provinsi secara cepat.

”Dengan dilakukannya penerapan aplikasi Situng pada hari pemungutan suara dapat mewujudkan transparasi informasi hasil penghitungan suara kepada publik secara menyeluruh. Dalam uji coba pertama ini terdapat 75 TPS,” ujarnya. (*)

 


Penulis : Abdul Saban
loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib