iklan zonasultra

Kunci Tiket Pilkada Koltim, Syamsul Bahri – Andi Merya Nur Masih Ingin Tambah Koalisi

Kunci Tiket Pilkada Koltim, Syamsul Bahri - Andi Merya Nur Masih Ingin Tambah Koalisi
REKOMENDASI PDIP - Bakal calon bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur, Syamsul Bahri Madjid dan Andi Merya Nur berpelukan usai menerima rekomendasi PDIP di Jakarta, Selasa (11/8/2020). (Foto: Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim) Syamsul Bahri Madjid dan Andi Merya Nur sejauh ini telah mengantongi rekomendasi dukungan dari dua partai politik (parpol) untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Koltim, 9 Desember 2020. Dua partai itu adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Demokrat.

Demokrat lebih dulu mengeluarkan rekomendasi pada 5 Agustus lalu. Sementara PDIP mengeluarkan rekomendasi pada Selasa (11/8/2020) kemarin. Dengan dukungan Demokrat dua kursi dan PDIP lima kursi, pasangan Syamsul Bahri – Andi Merya sudah memenuhi syarat dukungan minimal pencalonan kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Koltim, karena telah mengantongi dukungan lima kursi dari total 25 kursi di DPRD.

Syarat pencalonan kepala daerah di Koltim, partai politik atau gabungan partai politik harus memiliki 20 persen kursi atau lima kursi dari jumlah kursi di DPRD daerah itu.

Meski sudah dipastikan melaju di perhelatan Pilkada Koltim 2020, Syamsul Bahri mengaku masih ingin menambah koalisi parpol. Kata dia, pihaknya masih menjalin komunikasi dengan parpol yang belum mengeluarkan rekomendasi.

Saat ini tinggal tersisa dua partai yang memiliki kursi di parlemen yang belum mengeluarkan rekomendasi yakni, PAN empat kursi dan Gerindra dua kursi. Tapi untuk arah dukungan Gerindra sudah dipastikan mengarah kepada pasangan Syamsul Bahri – Andi Merya. Sebab Gerindra Sulawesi Tenggara (Sultra) hanya mengusulkan pasangan ini ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Sementara untuk PAN, Syamsul mengaku tengah mengusahakan untuk mengantongi rekomendasi dari partai berlambang matahari putih itu. Ia juga optimis dapat menumbangkan petahana dan memenangkan perhelatan pesta lima tahunan itu. Apalagi, ia menggandeng Andi Merya Nur yang sekarang menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabup) Koltim.

“Dengan Ibu Merya, kami yakin bisa menang. Beliau punya basis massa yang jelas. Masyarakat kita ingin adanya perubahan di Koltim. Sehingga dengan kepemimpinan baru, ada harapan baru masyarakat,” katanya saat dihubungi zonasultra.com, Rabu (12/8/2020).

Saat ini di Pilkada Koltim sudah ada dua pasangan bakal calon yang telah memenuhi syarat pendaftaran di KPU. Selain pasangan Syamsul Bahri – Andi Merya, ada petahana, Tony Herbiansyah yang kembali maju dengan menggandeng politikus PKS, Baharuddin. Pasangan itu telah mengunci dukungan NasDem delapan kursi, PKS tiga kursi, Golkar dua kursi, dan PBB satu kursi. (A)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib