iklan zonasultra

Kuota Haji di Konsel Kembali Meningkat

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementrian Agama (Kemenag) Konsel Laode Mazal Amri Ma'ruf
Laode Mazal Amri Ma'ruf

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Kuota calon haji (calhaj) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mengalami peningkatan. Terhitung tiga tahun terakhir kuota haji di wilayah itu selalu mengalami peningkatan yang signifikan.

Di tahun 2017 jumlah kuota haji di Konsel sebanyak 65 orang, tahun 2018 pemerintah daerah setempat melepas sebanyak 85 jemaah dan tahun 2019 Konsel dijatah sebanyak 122 calhaj.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementrian Agama (Kemenag) Konsel Laode Mazal Amri Ma’ruf mengatakan, awalnya pihaknya hanya mendapatkan jumlah kuota sebanyak 120 orang, namun terdapat daerah lain di Sultra yang tak memenuhi kuota sehingga dua nama muncul dari Konsel.

iklan zonasultra

Baca Juga : Tahun Ini Calon Jemaah Haji Baubau Berkurang

“Dari jumlah 122 ini perempuan berjumlah 65 sedang laki-laki 57 orang. Mereka akan berangkat tanggal 23 bulan ini,” kata Mazal kepada Zonasultra.Com, Rabu (10/6/2019).

Mazal mengaku tak tahu penyebab kuota calhaj di Konsel terus mengalami peningkatan, ia mengaku baru saja bertugas di lingkup Kemenag daerah itu. Meski begitu ia senang dengan peningkatan tersebut.

“Kalau penyebabnya saya tidak bisa pastikan, yang jelas dari 122 calhaj tahun ini, profesinya beragam, ada dari petani, pedagang, pensiunan, hingga pegawai aktif,” ungkapnya.

Dikatakan Mazal semua persiapan telah dilakukan. Ia mengimbau agar para jemaah calhaj yang akan berangkat mulai menjaga kesehatan, pasalnya aktivitas calhaj di Mekah sangat membutuhkan fisik yang baik. Pihaknya tidak akan memberangkatkan jika terdapat calhaj yang sakit, ataupun hamil saat akan diberangkatkan. (B)

 


Kontributor : ERIK ARI PRABOWO
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib