iklan zonasultra

Kwarda Sultra Siap Tingkatkan Peran di Tengah Pandemi Covid-19

Irawan Laliasa
Irawan Laliasa

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) bersama seluruh pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) kabupaten/kota sebagai upaya peningkatan kapasitas gerakan pramuka di tengah pandemi covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra Asrun Lio menjelaskan, organisasi pramuka merupakan bagian terpenting dalam meningkatkan pembangunan daerah. Salah satunya ikut terlibat dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 saat ini.

Selain itu, ia berharap kader gerakan pramuka dapat menjadi bagian dari garda terdepan pemerintah dalam mewujudkan visi misi pemerintah saat ini. Salah satunya, Sultra Produktif.

Kata Asrun, generasi muda pramuka yang produktif akan menunjang peningkatan perekonomian daerah. Apalagi, kader pramuka sejak awal telah dibentuk dengan pendidikan karakter dan pelatihan dasar kepemimpinan.

“Tentunya pemerintah dalam meningkatan kapasitas pramuka di Sultra adalah bagian dari visi misi pemerintah untuk Sultra Cerdas,” kata Asrun Lio saat ditemui di Aula Kwarda Sultra, Minggu (26/7/2020).

Sementara itu, Ketua Kwarda Provinsi Sultra Irawan Laliasa menjelaskan selama pandemi covid-19 keterlibatan gerakan pramuka dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 bukan isapan jempol belaka.

Sebab, sejak virus ini menyebar di Sultra sudah banyak kader pramuka yang menjadi bagian dari tim gugus tugas yang memberikan edukasi kepada masyarakat di sekitar lingkungannya agar mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Tak hanya itu, gerakan pramuka diakui Irawan juga ikut melakukan kegiatan sosial penyemperotan cairan disinfektan serta pembagian masker yang merupakan hasil produksi dari Kwarda Sultra.

“Jujur saya katakan, dukungan pemerintah terhadap kami begitu besar. Tentunya kami ketika dibutuhkan untuk berperan dalam misi sosial harus siap,” katanya.

Ia juga menyebutkan, agenda Rakerda tahun 2020 ini untuk mempersiapkan agenda tahun l depan. Dirinya menyebutkan rapat tahun berbeda dengan tahun sbeelumnya, karena masih dalam kondisi pandemi covid-19.

Pengakuan Irawan banyak kegiatan rutin yang harus ditunda pelaksanaannya karena anggarannya digeser untuk penanganan covid-19. Meski begitu pihaknya tetap menjalan tugas yang dapat dilakukan meski dalam batasan sosial dan psikal distance.

Rencannaya salah satu program yang akan dijalankan tahun depan yakni meningkatkan kapasitas kader dalam menjalan usaha produktif yang menghasilkan. Misalnya membuka lahan tanaman pangan dan memelihara ikan serta potensi usaha produktif lainnya.

Irawan berharap seluruh pengurus gerakan Pramuka di Sultra dapat bekerja maksimal menjalan tugas dan kewajibannya.

 


Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib