iklan zonasultra

Labengki Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19 bagi Pengunjung

Labengki Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19 bagi Pengunjung
DESA LABENGKI - Aparat Desa Labengki yang betugas sebagai tim gugus tugas covid-19 Desa Labengki, Selasa (26/5/2020). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Aparat Desa Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara (Konut) menerapkan protokol kesehatan virus corona (Covid-19) bagi pengujung dan masyarakat setempat.

Sekretaris Desa (Sekdes) Labengki Sunardin mengatakan, setiap pengunjung yang berasal dari Konut masuk ke desa diwajibkan melakukan penyemperotan carian disinfektan. Sementara itu bagi masyarakat setempat yang hendak meninggalkan desa harus wajib melapor.

Iklan Zonasultra

“Harus melapor dan ke mana mereka pergi harus kita tahu sebagai bentuk antisipasi dari kita, bahkan kalau ada tamu ke sini tidak boleh lama dan disarankan cepat meninggalkan desa,” ungkap Sunardin saat ditemui di posko clCovid-19 Desa Labengki, Selasa (26/5/2020).

Aparat desa yang tergabung dalam Gugus Tugas Covid-19 Desa Labengki ada 20 orang. Setiap hari, dilakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga. Terutama, di tempat ibadah.

Salah satu kendala saat ini belum ada alat pengukur suhu tubuh. Sehingga pihaknya berharap pemerintah dapat memberikan bantuan alat pengukur suhu tubuh.

Terkait masalah dampak ekonomi Covid-19 kepada masyarakat, Suhardin menyebutkan bahwa ikan yang didapatkan para nelayan setempat banyak yang tidak terjual. Karena para pengumpul ikan tidak lagi datang ke Desa Labengki selama pandemi corona ini.

“Alhamduliah bantuan sembako dari pemerintah dan pihak perusahaan resot wisata Labengki juga sudah ada, tapi kami berharap pemerintah bisa mencarikan kita solusi untuk penjualan ikan nelayan,” katanya.

Tak hanya nelayan, para pemilik home stay wisata Labengki juga sejak adanya surat edaran penutupan tempat wisata sudah tidak ada lagi wisatawan yang masuk.

Saat ini jumlah kepala keluarga (KK) yang berada di Desa Labengki sebanyak 121 dengan 453 jiwa. (b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib