iklan zonasultra

Labkesda Sultra Siapkan 1.000 Alat Rapid Test Gratis

Labkesda Sultra Siapkan 1.000 Alat Rapid Test Gratis
RAPID TEST - Petugas rapid test Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Sulawesi Tenggara (Sultra) saat menyusun hasil sampel rapid test masyarakat yang telah melakukan pemeriksaan di Halaman Labkesda Sultra, RSUD Bahteramas, Rabu (3/6/2020). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyiapkan 1.000 alat rapid test untuk pemeriksaan secara gratis kepada masyarakat.

Plh Labkesda Sultra Raden Putri mengatakan, layanan pemeriksaan gratis ini dilakukan sejak tanggal 30 Mei lalu. Hingga hari Selasa (2/7/2020) total yang telah melakukan rapid test mecapai 425 orang dengan hasil pemeriksaan keseluruhan non reaktif.

Iklan Zonasultra

“Hari ini masih berjalan terus, kita masih layani sebelumnya kan 500 saja, kemudian ada penambahan jadi 1.000 dan yang sudah melakukan pendaftaran 800 orang,” ungkap Raden Putri saat ditemui di Labkseda Sultra, Rabu (3/7/2020).

Ia juga menjelaskan bahwa banyak masyarakat yang melakukan rapid test untuk mendapatkan surat keterangan hasil rapid test, dan dipergunakan sebagai bukti atau syarat perjalanan ke luar daerah. Adapun syarat untuk melakakn rapid test gratis hanya melampirkan fotokopi KTP.

Misalnya para pedagang atau sopir logistik yang membawa bahan pokok antar daerah, adapula masyarakat yang menggunakan surat keterangan tersebut untuk mencari kerja di luar provinsi Sultra serta untuk syarat perjalanan menggunakan pesawat udara.

Raden pun berharap bahwa pelayanan rapid test gratis ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang selama ini kesulitan untuk melakukan pemeriksaan karena biaya yang cukup mahal.

Untuk diketahui, hingga tanggal 2 Juni 2020 jumlah kasus positif corona di Sultra 244 kasus, sembuh 124 dan dalam perawatan 116 orang. (a)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib