iklan zonasultra

Lagi, 3 Tambahan Kasus Covid-19 di Baubau dari Klaster Famili

Bertambah Satu Kasus Baru Positif Covid-19 Baubau, Total 4 Kasus
dr Lukman

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Penderita Covid-19 di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) bertambah lagi tiga orang yang merupakan klaster famili alias terjangkit dari keluarganya yang lebih dulu terpapar, Selasa (7/7/2020). Mereka adalah pasien 053 DSM (65) laki-laki, pasien 054 AMR (25) laki-laki, dan pasien 055 AFM (26) perempuan.

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kota Baubau dr. Lukman mengatakan, pasien 053 tertular dari 040. Sementara pasien 054 dan pasien 055 merupakan pasangan suami istri yang juga terjangkit dari pasien sebelumnya yang merupakan keluarga dekat mereka.

“Hari ini kita menerima tambahan terkonfirmasi Covid-19 tiga orang. Mereka merupakan klaster famili,” ujar Lukman saat jumpa pers.

Menurut Lukman, penderita Covid-19 dengan klaster famili di Kota Baubau terbilang meningkat. Tren ini harus diwaspadai oleh warga. Pasalnya, kontak fisik antara anggota keluarga sulit dihindarkan.

Lukmam berharap warga dapat terus mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Di sisi lain juga jujur dengan kondisi kesehatan dan riwayat kontaknya. Sehingga penularan Covid-19 pada anggota keluarga dapat diminimalisir.

“Makin banyak yang taat dengan protokol kesehatan, makin cepat kita keluar dari pandemi ini,” ucapnya.

Lukman juga mengklarifikasi data terkonfirmasi Kota Baubau yang mengalami perubahan. Ada pengurangan data karena terjadi pertukaran tempat perawatan medis. Tiga orang telah dikeluarkan dari pendataan Tim Gugus Tugas Kota Baubau karena menjalani perawatan di Kabupaten Buton dan Kabupaten Wakatobi. (a)

 


Kontributor: Risno Mawandili
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib