iklan zonasultra

Lagi, Pasien Suspect Covid-19 Rujukan RS Santa Anna Meninggal Dunia

Lagi, Pasien Suspect Covid-19 Rujukan RS Santa Anna Meninggal Dunia
MENINGGAL - Seorang pasien suspect Covid-19, TJB (51) pasien rujukan rumah sakit Santa Anna Kota Kendari, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Kota Kendari, Sabtu (9/5/2020) sekitar pukul 09.47 Wita. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Seorang pasien suspect Covid-19, TJB (51) pasien rujukan rumah sakit Santa Anna Kota Kendari, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Kota Kendari, Sabtu (9/5/2020) sekitar pukul 09.47 Wita.

Hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra dr. La Ode Rabiul Awal. Katanya, pasien berjenis kelamin perempuan itu berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan reaktif terhadap virus SarsCoV-2 dari hasil rapid test.

“Pasien dinyatakan meninggal dunia oleh tim Covid-19 dihadapan keluarga, dan keluarga pasien menerima kondisi tersebut setelah diedukasi oleh tim medis Covid 19.,” jelas dr La Ode Rabiul Awal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/5/2020).

Dia menjelaskan, pasien tersebut masuk ke RS Santa Anna pada 21 April 2020 lalu dilakukan tes cepat dengan mengambil sampel darah, namun hasilnya non reaktif alias negatif Covid-19. Satu pekan kemudian, pasien ini dirujuk ke RSUD Bahteramas.

Lebih lanjut, kata dokter bedah ini, pasien ini dirujuk ke rumah sakit plat merah tersebut lantaran perutnya makin membesar sejak tiga pekan lalu dan mengalami sesak napas. Tiga hari dirawat di IGD non Covid-19, pasien itu akhirnya dilakukan tes rapid ke dua.

“Hasilnya reaktif terhadap virus (positif). Instruksi DPJP untuk memindahkan pasien ke IGD Covid-19. 2 Mei 2020 dilakukan swab tenggorok hasilnya masih menunggu dari laboratorium Makassar,” tutur dokter yang akrab disapa Wayong ini.

Dia menegaskan, seperti biasanya, perlakuan jenazah PDP rapid tes reaktif (positif) mulai dari pemulasaraan hingga berdasarkan protokol kesehatan jenazah Covid-19. Jenazah dikebumikan di TPU Punggolaka Kota Kendari oleh tim pemakaman jenazah Covid-19 dari RS Bhayangkara Polda Sultra. (b)

 


Kontributor: Fadli Aksar
Editor Rosnia

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib