Laksanakan Coklit, Empat Komisioner KPUD Konawe Bagi Tugas

Ketua KPUD Konawe, Sarmadan
Sarmadan

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Untuk memastikan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) Daftar pemilih tetap di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) berjalan maksimal, empat Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe, terjun langsung melakukan monitoring.

Ketua KPUD Konawe, Sarmadan mengatakan, kegiatan coklit akan dilakukan secara serentak pada Sabtu (20/1/2018) besok hingga 18 Februari mendatang.

Petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) akan berkunjung ke rumah warga secara door to door untuk melakukan coklit data pemilih tetap (DPT) dalam model A-KWK. Dikatakannya, pelaksanaan Coklit sangat penting dilakukan untuk menghasilkan DPT yang berkualitas.

Dengan begitu, semua masyarakat yang berhak memilih tidak terlewat. “Karena kita ingin semua masyarakat yang sudah berhak menyalurkan suaranya itu bisa datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari hari pencoblosan nantinya,” terang Sarmadan, Jumat (19/1/2018)

Saat kegiatan nanti petugas, akan terlebih dahulu menanyakan ke RT/RW, apakah pada daerah tersebut terdapat perubahan data penduduk terbaru yang disebabkan adanya perpindahan tempat, adanya warga pendatang baru, ataukan ada warga yang meninggal. Selanjutnya petugas akan memeriksa setiap Kepala Keluarga apakah memang berdomisili di daerah itu, untuk mengantisifasi adanay warga yang tidak dikenal atau data pemilih yang kemungkinan ganda.

“Kita harapkan para petugas dapat melaksanakan tugasnya secara benar dan sungguh-sunggh. Kita juga minta kepada warga untuk mempersiapkan kelengkapan administrasinya seperti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK) atau surat keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat,” katanya

Dalam kegiatan itu, Katanya, ia dan tiga Komisioner lainnya telah membagi tugas untuk memudahkan koordinasi pada pelaksanaan Coklit. Keterlibata langsung oleh komisioner, untuk melihat langsung kinerja petugas PPDP jangan sampai ada yang terlewatkan dalam proses pendataan ini.

“Kita juga akan turun melaksanakan Coklit, kita telah bagi tugas, misalnya saya di Kecamatan Abuki, Muhamad Azwar di Kecamatan Sampara dan Kapoiala, Ulil Amri di Kecamatan Lambuya, dan Abdul Hasyim di Kecamatan Wonggedu,” paparnya. (B)

Reporter : Dedi Finafiskar
Editor : Tahir Ose

loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib