Lantik 55 Relasi, KPUD Bombana Tekankan Sinergitas dan Integritas

Lantik 55 Relasi, KPUD Bombana Tekankan Sinergitas dan Integritas
PELANTIKAN - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bombana, Aminuddin melantik 55 Relawan Demokrasi di gedung Serbaguna, Kecanatan Rumbia, Jumat (18/1/2019). (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bombana melantik 55 Relawan Demokrasi (Relasi) di gedung Serbaguna, Kecamatan Rumbia, Jumat (18/1/2019).

Pada kesempatan itu, Ketua KPUD Bombana Aminuddin menekankan seluruh relawan demokrasi terpilih agar mampu bersinergi dengan seluruh kalangan masyarakat di daerah itu. Dalam diri relawan harus ditanamkan integritas dan profesionalisme serta independensi untuk menggenjot program penyelenggara pemilu tahun 2019.

iklan zonasultra

Lantik 55 Relasi, KPUD Bombana Tekankan Sinergitas dan Integritas“Seluruh tahapan perekrutan relawan telah dilaksanakan. Kini, 55 orang relawan terpilih ini, kami harapkan mampu menjalin interaksi dengan seluruh kalangan masyarakat. Utamanya, sinergitas dengan pemerintah daerah, penyelenggara, penegak hukum serta mampu bekerja profesional dalam menggenjot partisipasi pemilih melalui peningkatan pemahaman kedaulatan rakyat dalam memilih,” ujar Aminuddin dalam pelantikan tersebut.

(Baca Juga : 107 Pendaftar Relawan Demokrasi Diuji di Kantor KPUD Bombana)

Seluruh relawan terpilih telah terklaster dalam 10 basis, diantaranya basis pemilih pemula, pemilih keluarga, pemilih keagamaan, pemilih penyandang disabilitas hingga basis pemilih warganet (nitizen).

Relawan demokrasi ini pun perbasisnya telah terbagi atas 5 hingga 6 orang. Mereka ditekankan pandai dalam menyalurkan pendidikan bagi setiap pemilih, khususnya bagi pemilih pemula dan warga di wilayah pelosok.

Sebagai bentuk penguatan bagi setiap relawan, para relawan telah menandatangani pakta integritas. Dalam pakta integritas itu telah tercantum regulasi yang jika dilanggar, telah ada konsekuensi bagi setiap relawan yang melanggar aturan.

“Jadi, setiap relawan akan bekerja terfokus pada basisnya masing-masing. Mereka pula bisa memberikan pendidikan pemilih di basis yang berbeda ketika dalam kondisi tertentu, sepanjang ia memiliki wawasan terkait basis itu. Intinya, intergitas dalam menjalankan tugas adalah hal sangat penting karena fokusnya adalah kesuksesan pemilu di daerah kita,” tutupnya. (B)

 


Kontributor : Muhammad Jamil
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib