iklan zonasultra

Layanan Instagram dan WhatsApp Kembali Normal Setelah Dibatasi Pemerintah

ilustrasi whatsapp, instagram
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Layanan media sosial yang sempat dibatasi oleh pemerintah sudah kembali normal, pada Sabtu (25/5/2018). Pembatasan sempat dilakukan pasca-kerusuhan 22 Mei 2019 di Jakarta.

Pengguna layanan Instagram dan WhatsApp sudah bisa kembali mengunggah foto dan video. Hal ini diumumkan langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui akun Twitter resminya.

“Selamat menggunakan internet dengan lancar tanpa hambatan kembali ya. Mari gunakan ruang siber ini untuk hal-hal yg positif aja Happy weekend #SobatKom! #SemaiDamai,” tulisnya pada pukul 14.08 WIB.

iklan zonasultra

Postingan tersebut telah dikomentari seribu kali, diretweet sebanyak 3,3 ribu kali dan disukai 2,4 ribu akun.

Sejumlah netizen memberitakan tanggapan beragam melalui kolom komentar, salah satunya @salwalunastone menuliskan “loh gak konsisten nih. Kalau mau mendidik masyarakatanya kaya negara2 maju, gpp matiin lg aja kaya kemarin. Seru kok. Jangan cuma matiin buat pilpres,” tulisnya.

(Baca Juga : Pemerintah Batasi Akses ke Media Sosial Secara Serentak)

Akun lain @yonpurba mengungkapkan “kalau medsos rawan bercampur dengan berita2 lainnya. Sudah saatnya sih ada medsos karya anak bangsa. Pemerintah sudah buktikan kedaulatannya di dunia maya. Tinggal luncurkan aplikasi pengganti FB, IG, WA lainnya kalau kontennya gk mau didrive negara lain,” ujarnya.

Perusahaan provider Telkomsel pun memberikan komentar melalui akun resminya @Telkomsel “Sama-sama, senang rasanya keluhan yang dialami sudah teratasi dan kembali normal. Silakan bila ada hal lain yang ingin ditanyakan seputar produk Telkomsel. Tks. -Leon,”.

Layanan Instagram dan WhatsApp Kembali Normal Setelah Dibatasi Pemerintah

Tapi, ada juga akun yang mengeluh belum bisa mengirim gambar atau video, @nilamcahaningsi “punya saya msh down. Ig sm WA.WA cuman bisa kirim pesan doang. Gmbar g bisa. gimana nih? @kemkominfo, saya pke provider @IndosatCare,” tulisnya.

Provider Indosat pun mengomentari tanggapan tersebut melalui akunnya, @IndosatCare “@nilamcahaningsi Hai Kak, maaf banget nih kami sarankan coba akses secara berkala karena untuk saat ini belum ada update informasi terkait pembatasan akses sosmed tersebut Kak. cc @kemkominfo Dia,” pungkasnya.

(Baca Juga : Provider Kena Imbas Pembatasan Akses Medsos dari Pemerintah)

Sebelumnya diberitakan, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara secara resmi mengumumkan pembatasan akses ke media sosial secara serentak. Hal itu diumumkan lewat konferensi pers di Jakarta, Rabu (22/5/2019) kemarin.

Menurut Menkominfo, pemblokiran tersebut untuk mencegah penyebaran foto dan video yang berisi konten korban aksi demonstrasi yang dinilai bisa mengundang rasa empati dan menguras emosi bagi yang melihatnya. Selain itu, mencegah beredarnya foto dan video berisi nirfakta atau hoaks.

“Pembatasan dilakukan secara bertahap, dan bersifat sementara. Dasarnya undang-undang ITE. Melakukan delay konten, termasuk melakukan pembatasan. Inti dari undang-undang ITE itu demikian,” jelas Rudiantara melalui TV CNN. (A)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib