iklan zonasultra

Lestarikan Tahura, Alumni SKMA Tanam 1.200 Bibit Pohon

Kepala Dinas Kehutanan Sultra, Rusbandrio
Rusbandrio

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 1.200 bibit pohon bermacam jenis, ditanam di area Taman Hutan Raya (Tahura), Desa Mekar Bajo Indah, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sabtu (16/3/2019).

Aksi tanam pohon itu dilakukan oleh puluhan alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan ke-36.

Penanggung Jawab Penyelenggara Kegiatan, Edi Suryawan menjelaskan penanaman pohon dilakukan serentak oleh alumni SKMA di seluruh Indonesia, dengan tema kegiatan adalah Gerakan Anak Bangsa (Gerbangmas).

“Jadi Gerbangmas ini merupakan kegiatan rutin kami, di seluruh Indonesia. Yang mana dengan penanaman pohon ini, kita berharap dapat menanggulangi daerah aliran sungai yang kritis,” ujarnya.

Dengan adanya Gerbangmas ini, Edi berharap, dapat menjaga kelestarian ekosistem Tahura yang ada di Sultra. Sebab menurutnya, kerusakan ekosistem Tahura di Sultra cukup mengkhawatirkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Sultra, Rusbandrio berharap, sebagai kawasan yang nantinya akan di kembangkan sebagai bagian dari kawasan wisata pantai. Penanaman pohon ini dapat bermanfaat dan dinikmati oleh masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Desa Bajo.

“Semoga penanaman ini tidak berhenti di sini, tapi akan terus berlanjut. Untuk memulihkan wilayah-wilayah yang sudah kritis,” harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan Gerbangmas ini juga diikuti oleh Dinas Kehutanan Sultra dan sejumlah instasi terkait, serta dari pihak Taman Nasional Rawaopa serta masyarakat Desa Bajo. (C)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib