iklan zonasultra

iklan zonasultra

Libur Cuti Lebaran, Disdukcapil Konawe Tetap Buka Pelayanan

Sekretaris Disdukcapil Konawe, Riwanto
Riwanto

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) tetap membuka pelayanan kepada masyarakat meski di hari libur Lebaran. Pemberian pelayanan ini akan dilakukan hingga hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konawe 2018.

“Walaupun seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe sudah libur sejak Sabtu kemarin, tapi tidak untuk disdukcapil, karena kita masih melayani masyarakat hingga hari H pencoblosan,” ungkap Sekretaris Disdukcapil Konawe, Riwanto, Senin (11/6/2018).

Dikatakan, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat berbeda dengan pelayanan seperti hari-hari kerja biasanya. Sebab pihaknya hanya melayanani khusus pengurusan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) seperti perekaman maupun pencetakan fisik KTP-el.

Hal ini dilakukan karena sampai saat ini masih ada ribuan masyarakat yang wajib pilih belum memiliki KTP-el sebagai syarat untuk melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) nantinya.

“Sebagai salah satu syarat menjadi pemilih harus memiliki KTP-el atau surat keterangan (Suket) yang dikeluarkan disdukcapil, sehingga ini sudah menjadi tugas kami untuk mencetak KTP-el atau suket, dan pelayanan saat libur ini adalah intruksi dari pusat,” kata mantan Camat Konawe itu.

Menurutnya, hingga saat ini masih cukup banyak target perekaman yang harus diselesaikan. Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat untuk peduli akan pentingnya memiliki KTP-el.

“Kita terus berupaya meningkatkan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat karena masyarakat juga yang akan terkendala jika tidak memiliki KTP-el. Selain itu, dengan adanya KTP-el masyarakat bisa menyalurkan hak pilih di hari pencoblosan nantinya,” tutupnya. (B)

 


Reporter: Dedi Finafiskar
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib