iklan zonasultra

Libur Lebaran, RSUD dan Puskesmas di Kendari Tetap Beroperasi

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari Rahminingrum
Rahminingrum

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Libur lebaran tak membuat pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) terhenti.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari Rahminingrum mengatakan, pihaknya tetap membuka layanan di Puskesmas meski cuti bersama aparatur sipil negara (ASN) berlangsung.

Dikatakan, Puskesmas rawat jalan dan rawat inap tetap melayani masyarakat, tapi dengan jam kerja yang lebih singkat.

“Jadi tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni memang jadwal libur bersama, tapi Puskesmas tetap buka. Jadi Puskesmas buka pada hari-hari tersebut dari pukul 09.00 Wita sampai pukul 12.00 Wita. Sementara Puskesmas rawat inap memang sudah 24 jam tapi di luar jam kerja, Puskesmas rawat inap itu hanya melayani kasus-kasus darurat atau emergency,” ujarnya saat dihubungi zonasultra.com, Minggu (10/7/2018).

Lanjutnya, pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh Puskesmas untuk memasang pengumuman bahwa ditanggal tersebut Puskesmas tetap melayani pasien.

“Puskesmas buka tapi tidak dengan kekuatan penuh. Kalau tenaga dokter on call, karena kita di Puskesmas hanya punya satu dokter. Untuk tenaga perawat nanti Puskesmas sendiri yang mengatur, karena kan jelas tenaga medis yang ada di Puskesmas juga banyak yang cuti dan pulang kampung. Jadi dia memberdayakan yang ada,” ungkapnya.

(Baca Juga : Ini Instansi Layanan Publik yang Buka Selama Lebaran)

RSUD Kendari Optimis Lulus Akreditasi
Asrida Mukaddim

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Kendari Asrida Mukaddim mengatakan, selama libur lebaran tetap membuka pelayanan bagi masyarakat. Begitu juga layanan rujukan.

“Kita tetap menerima pasien rujukan, karena dokternya tetap siaga khususnya dokter spesialis. Walaupun dalam surat kepr (SK) kita libur, tapi faktanya kita tetap bekerja. Bahkan kita menyiapkan tambaham 18 petugas medis yang biasanya 80 petugas dalam 24 jam, selama libur lebaran menjadi 96 petugas,” ujarnya. (B)

 


Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib