iklan zonasultra

Liburan di Pantai, BMKG Imbau Warga Tetap Waspada

Pulau Bokori, sultra
Wisata Pulau Bokori

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Libur panjang telah tiba. Momen ini adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan kebersamaan dengan keluarga setelah rehat dari rutinitas pekerjaan sementara waktu.

Banyak pilihan yang dapat Anda lakukan, misalnya berlibur ke lokasi wisata ataupun ikut dengan hiruk pikuk mudik lebaran Idul Fitri.

Nah khusus bagi Anda yang ingin liburan di pantai atau di kawasan laut, ada baiknya selalu mengupdate prakiraan cuaca dari BMKG agar tidak salah memilih hari untuk berlibur.

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Adi Istiyono mengimbau kepada warga yang hendak libur ke pantai untuk berhati-hati dan tetap waspada dengan kondisi cuaca yang masih labil dan gelombang laut, meskipun kondisi pantai di Sultra pada umumnya tidak berhadapan langsung dengan laut lepas. Terkecuali di Perairan Konawe Utara (Konut) seperti Pantai Pundonggala dan Pantai Taipa.

Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk Anda yang membawa anak agar memperhatikannya dengan tidak menyibukkan diri sendiri. Kemudian bagi yang sudah remaja atau dewasa untuk tidak bermain di laut melawati batas peringatan dari petugas keamanan pantai.

Tentunya saran ini dapat menjadi perhatian bagi masyarakat guna menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Bukan maksud untuk menakuti, tapi kami mengimbau warga untuk tetap berhati-hati dan waspada apalagi masih dalam suasana menjelang hari raya Idul Fitri,” ungkap Adi Istiyono kepada zonasultra.com, Selasa (12/6/2018).

Selain itu untuk menjaga keamanan, dari pihak Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari telah menyiagakan tim khusus siaga lebaran di sejumlah titik tempat wisata di Sultra, khususnya pantai.

Kepala Basarnas Kendari Djunaidi saat acara konferensi pers Siaga Lebaran 2018 mengatakan, lokasi wisata menjadi salah satu lokasi pantauan khusus pihaknya selama libur panjang ini. Sebab, tidak jarang terjadi kecelakaan di lokasi wisata.

“Jadi kita siagakan tim personel 24 jam bergantian shift dengan peralatan yang memadai,” ungkap Djunaidi.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat untuk aktif dan berpartisipasi dalam menjaga keselamatan dan keamanan bersama. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib