iklan zonasultra

Lima Bendahara Terbaik Di Konsel Diberi Penghargaan

Lima Bendahara Terbaik Di Konsel Diberi Penghargaan
PEMBERIAN PIAGAM - Bupati Konsel Surunuddin Dangga saat memberikan penghargaan kepada lima bendahara terbaik yang dilaksanakan di lapangan upacara rujab bupati Konsel. Senin (23/10/2017). Hal ini dalam rangka meningkatkan kinerja bagi para ASN Pemuda konsel. (Erik Ari Prabowo/ZONASULTRA.COM)

Lima Bendahara Terbaik Di Konsel Diberi Penghargaan PEMBERIAN PIAGAM – Bupati Konsel Surunuddin Dangga saat memberikan penghargaan kepada lima bendahara terbaik yang dilaksanakan di lapangan upacara rujab bupati Konsel. Senin (23/10/2017). Hal ini dalam rangka meningkatkan kinerja bagi para ASN Pemuda konsel. (Erik Ari Prabowo/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan penghargaan kepada lima bendahara pengeluaran terbaik yang ada di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemda Konsel.

iklan zonasultra

Hal ini diberikan langsung oleh bupati Konsel saat apel pagi gabungan di lapangan upacara Rujab Bupati Konsel. Senin (23/10/2017).

Bupati Konsel Surunuddin Dangga saat memberikan arahan mengatakan bahwa Pemberian penghargaan ini adalah apresiasi pemda kepada ASN berprestasi yang berkinerja baik, selain itu untuk mendorong seluruh Pegawai lingkup pemda Konsel untuk meningkatkan kinerjanya mulai dari tingkat bawah hingga kepala SKPD.

“Ini berdasarkan aturan dari Pemerintah Pusat tentang peningkatan kapasitas ASN, sehingga Pemda memberikan reward bagi ASN yang memiliki kinerja baik,” kata Surunuddin dalam sambutanya.

Lebih lanjut mantan anggota DPRD sultra ini mengatakan selain mendapatkan piagam penghargaan dan plakat, bendahara pengeluaran berprestasi ini juga akan diikutkan studi banding ke daerah yang lebih maju dalam pengelolaan keuangan.

Kabid, lanjutnya, Kepala Sub Bagian atau Seksi adalah penanggung jawab program kegiatan, dan bendahara bertanggung jawab pada laporan keuangan kegiatan tersebut.

“Jadi jangan ada Kabid, Kasubag atau Seksi tidak paham program kegiatannya, atau Kadis merangkap semua kegiatan hingga jadi bendahara, ini tidak boleh terjadi di Lingkup Pemda Konsel,” tegasnya.

Surunuddin berharap seluruh ASN memahami RPJMD terutama Pejabat Eselon, dan Kepala SKPD sebagai penanggung jawab semua kegiatan di lingkup instansi yang dipimpinnya.

“Apalagi kita telah mendapatkan predikat WTP oleh BPK RI ini kita harus pertahankan jangan sampai kita mundur jadi WDP,” harapnya.

Saat dihubungi Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah ( DPKAD) Konsel Narlian mengatakan bahwa evaluasi terkait kinerja bendahara pengeluaran ini kita lakukan sejak tahun 2016, dan dari hasil penilaian menetapkan 5 orang Bendahara Pengeluaran terbaik dengan kriteria 5 Jenis Laporan Keuangan.

“Kriterianya berdasarkan ketepatan waktu dalam penyelesaian laporan keuangan dan opname kas yaitu penutupan laporan fungsional dan fisik per tgl 31 Des 2016,” jelas Narlian

Untuk 5 laporan keuangan yang dibuat oleh bendahara pengeluaran tersebut, yakni LRA ( Laporan Realisasi Anggaran), Neraca, LO ( Laporan Operasional ), LPE ( Laporan Perubahan Ekuitas), dan CALK ( Catatan Atas Laporan Keuangan).

Lebih jauh Narlian mengatakan, adapun penerima piagam penghargaan dan plakat atas penyajian laporan keuangan terbaik TA 2016 adalah Rudin Bendahara Pengeluaran dari Kecamatan Palangga, Nanang Darmanto, Yusrin, dari Dinas Kesehatan. A.Zulkarnaen Dompu, Dinas Pekerjaan Umum (PU), dan Widodo, Bendahara Pengeluaran dari Dinas Lingkungan Hidup. (B)

 

Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor Tahir Ose

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib