iklan zonasultra

Lima Momen Ini Hanya Bisa Ditemui di HUT RI

Gelar Festival Musik Kemerdekaan Cara Pemuda-Pemudi Konawe Peringati HUT RI Ke-71
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – 17 Agustus Tahun 45 itulah hari kemerdekaan kita. Pasti hapal lirik lagu nasional Indonesia yang satu ini, yang selalu dinyanyikan saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI.

Tahun ini Indonesia memasuki usia 74. Seluruh rakyat Indonesia pun merayakannya. Banyak momen spesial yang hanya bisa ditemui di perayaan HUT RI. Berikut ulasannya:

1. Upacara Bendera

Setiap 17 Agustus, Istana wajib melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI. Presiden Indonesia memimpin langsung upacara tersebut. Bukan hanya Istana, semua instansi pemerintah pusat hingga pemerintah daerah serta instansi sekolah pun menggelar upacara bendera.

iklan zonasultra

Di beberapa daerah, masyarakat juga menggelar upacara bendera secara sederhana dan khidmat. Sejumlah komunitas pun melakukan upacara bendera dengan keunikan sendiri, seperti para pendaki yang melakukan upacara di puncak gunung atau para penyelam yang mengibarkan bendera di dalam laut.

(Baca Juga : Peringati HUT RI, MAN IC Kendari Gelar Parade Sinonggi)

Satu instrumen penting yang ditunggu-tunggu adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Bagi putra putri bangsa Indonesia, menjadi suatu kehormatan dan kebanggan tersendiri dapat bergabung dalam Paskibraka. Namun hal ini butuh kerja keras dan latihan secara disiplin hingga lolos seleksi Paskibraka.

2. Lomba 17 an

Berbagai lomba digelar dalam peringatan 17an. Tenang saja, jenis lomba 17 tidak membutuhkan skill khusus. Sebab lomba ini bertujuan untuk menyemarakkan peringatan HUT RI dan sebagai ajang seru-seruan.

Lomba ini biasanya diadakan di RT/RW tempat tinggal kita. Adapun jenis lomba di antaranya seperti lomba makan kerupuk, lomba memasukan pensil, lomba pukul air, balap karung, gerak jalan dan sebagainya. Jenis lomba didesain sekreatif mungkin oleh panitia 17an. Jadi menang lomba apa kamu?

3. Tasyakuran

Sudah sepatutnya kita mensyukuri kemerdekaan Bangsa Indonesia. Jika menengok sejarah, para pendahulu kita berjuang mati-matian merebut kemerdekaan. Dengan usaha dan doa serta pengorbanan yang besar, Indonesia dapat merdeka pada 17 Agustus 1945.

Tasyakuran 17an adalah acara setiap tahun yang biasa digelar oleh warga Indonesia. Di setiap RT/RW pun kerap menggelar tasyakuran. Acaranya yaitu berkumpul untuk berdoa bersama dan sebagai ajang silaturahmi. Tak ketinggalan tumpeng dengan hiasan HUT RI yang menjadi ijon pada malam tasyakuran.

4. Diskon Kemerdekaan

Diskon Kemerdekaan hanya ada di bulan Agustus. Para pelaku bisnis memberikan diskon kepada konsumen dalam rangka peringata HUT RI. Banyak juga loh diskon yang diberikan, mulai dari makanan hingga skin care.

Tak mau kalah, penyedia jasa transportasi juga memberikan diskon besar-besaran seperti tiket pesawat maupun kereta. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menggratiskan penumpang KRL pada 17 Agustus dari pukul 08.000 s/d 17.00 WIB. Layanan ojek online juga memberikan diskon kemerdekaan yang bisa digunakan beberapa hari saat peringatab HUT RI.

(Baca Juga : Harapan Anak Rantau di Sultra untuk Negeri Tercinta)

Untuk konsumen digital marketing, berbahagialah anda karena banyak promo dan give away. Pelaku bisnis online turut serta memanjakan konsumen di hari kemerdekaan. Yuk ikutan give away.

5. Dekorasi Merah Putih

Setiap bulan Agustus, warga mengibarkan Bendera Merah Putih di depan rumahnya. Hal ini sebagai bentuk penghormatan hari Kemerdekaan setiap 17 Agustus. Tak heran jika seluruh perkampungan dihiasi nuansa merah putih.

Seluruh instansi dan kantor perusahaan juga memasang bendera merah putih. Dekorasi lampu warna-warni juga mempercantik gedung-gedung hingga jalanan. Setiap kampung juga mempunyai kreatifitas sendiri untuk menghias kampungnya. Jika kalian melewati jalanan atau perkampungan maka dapat merasakan momen spesial yang tidak bisa ditemui di bulan-bulan lainnya.

Itulah lima momen spesial yang bisa kita nikmati di bulan peringatan kemerdekaan Indonesia. Semoga kita semakin cinta kepada tanah air Indonesia. (a)

 


Reporter : Rizki Arifiani
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib