iklan zonasultra

Longsor di Kolut, Satu Korban Tewas Tertimbun

Longsor di Kolut, Satu Korban Tewas Tertimbun
LONGSOR - Hujan deras yang menguyur wilayah Kecamatan Tolala, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebabkan longsor di tiga titik sehingga jalan trans Sulawesi tertutup total. (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Hujan deras yang menguyur wilayah Kecamatan Tolala, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebabkan longsor di tiga titik sehingga jalan trans Sulawesi tertutup total. Satu orang tewas tertimbun material tanah karena tidak sempat menyelamatkan diri.

Kapolsek Tolala Ipda Rahman saat dihubungi mengatakan, hujan yang menguyur Kecamatan Tolala cukup deras sehingga menyebabkan longsor sekitar sekitar pukul 01.30 Wita, Rabu (14/3/2018). Satu rumah makan tertimbun material longsor. Kondisi atap dan dinding rumah makan tersebut rusak parah karena tertimpa tanah. Akibatnya, satu korban tewas dan beberapa lainnya luka.

“Longsor ada tiga titik, yang pertama sebelum kantor polsek tapi di situ tidak terlalu parah. Titik yang kedua menimbun satu warung makan, satu korban tewas Suhaeni (26) dan satu anak umur empat tahun sempat tertimbun, tapi sempat diselamatkan sementara yang lainnya luka parah dan sudah dilarikan ke puskesmas,” kata Kapolsek, Rabu (14/3/2018).

iklan zonasultra

Longsor di Kolut, Satu Korban Tewas TertimbunLanjut Kapolsek, titik longsor ketiga terjadi sebelum kantor Camat Tolala yang mengakibatkan ruas jalan di sekitar lokasi tersebut lumpuh.

“Longsor yang terjadi di sekitar kantor camat itu sangat luas, butuh dua alat berat untuk membatu membersihkan jalan agar bisa dilalui,” ujarnya.

Rahman menambahkan, Kecamatan Tolala merupakan salah satu zona rawan bencana tanah longsor karena kondisi tanah yang labil sehingga mudah longsor ketika hujan turun dalam waktu yang lama.
“Sepanjang jalan di Tolala memang rawan terjadi longsor, karena area perbukitan dan jurang di samping jalan, terlebih pada saat musim hujan,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan zonasultra.com, sejak pagi material longsor mulai dibersihkan oleh warga setempat, BPBD, TNI, dan polisi agar akses jalan bisa digunakan secepatnya. (B)

 


Reporter: Rusman
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib