iklan zonasultra

LRSLU Bantu Lansia yang Jadi Korban Banjir Wanggu

LRSLU Bantu Lansia yang Jadi Korban Banjir Wanggu
BANTUAN - Direktorat Rehabilitasi Sosial Laniut Usia dan Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari, memberikan bantuan kepada warga lanjut usia (Lansia) yang terdampak banjir di Wanggu, Jumat (14/6/2019). (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Direktorat Rehabilitasi Sosial Laniut Usia dan Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari, memberikan bantuan kepada warga lanjut usia (Lansia) yang terdampak banjir di Wanggu.

Sebagai bentuk responsif, LRSLU Minaula Kendari, telah menerjunkan tim respon kasus untuk melakukan asesstment kebutuhan terhadap lansia korban banjir Wanggu, Kendari.

Koordinator Fungsional LRSLU Minaula Kendari, Jasman mengungkapkan tercatat sebanyak 25 lansia yang terkena bencana banjir di Wanggu telah diberi bantuan berupa kebutuhan dasar. seperti sembako, dan lain lain.

iklan zonasultra

“Kedepannya kami akan mengerahkan petugas medis, pekerja sosial, dan penyuluh sosial dari LRSLU Minaula Kendari untuk berjaga di shelter lansia secara bergantian selama maupun pasca bencana, mereka akan turun ke lokasi untuk melakukan penanganan medis dan dukungan psikososial terhadap lansia korban bencana banjir Wanggu,” ungkap Jasman, Jumat (14/6/2019).

(Baca Juga : Pengungsi Banjir Sungai Wanggu Mulai Terserang Penyakit)

Kepala LRSLU Minaula Kendari, Syamsuddin menegaskan, pihaknya akan terus mengawal dan melakukan koordinasi dengan semua pihak guna memastikan lansia korban bencana banjir wanggu tersebut mendapatkan penanganan yang terbaik.

“Sejauh ini koordinasi kami dengan aparat setempat, Dinas Sosial, dan dengan Direktorat Lanjut usia Kementerian Sosial. Kami juga telah menyalurkan bantuan kebutuhan dasar guna membantu meringangankan beban mereka,” ungkapnya, Jumat.

Ia juga menyebutkan, kepedulian dan respon semua pihak terhadap bencana ini sangat cepat dan bagus. Terbukti lansia yang mengalami musibah tersebut sekarang tengah mendapatkan penanganan cepat.

(Baca Juga : Di Hadapan Menteri, Warga Wanggu Minta Rumah Panggung dan Tolak Relokasi)

Selain itu, kata dia, pihaknya tengah memikirkan penanganan pasca bencana jika memang masih membutuhkan penanganan.

Kepala Subdirektorat Identifikasi dan Rencana Intervensi, Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kementerian sosial Cecep Sutriaman yang telah mengunjungi lokasi pengungsian wanggu beberapa waktu lalu, mengungkapkan bahwa penanganan bencana alam untuk keseluruhan sehingga diperlukan penanganan dan perhatian khusus terhadap lansia. Pengaruh psikologi terutama trauma adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh lanjut usia yang selama ini lebih fokus kepada anak.

Untuk itu, Direktorat Rehsos Lanjut usia bersama LRSLU Minaula Kendari juga memberikan perhatian khsusus kepada lansia yang mengalami korban banjir. Dengan melakukan beragam upaya seperti perlindungan khusus berupa pemenuhan hak hidup layak dan aksesibilitas alat bantu lansia, serta mendirikan shelter lapangan lanjut usia di posko induk yang bertujuan pendataan lansia yang terdampak, memberikan dukungan psikososial (trauma healing), memberikan terapi.

“Dalam proses pendistribusian bantuan Direktorat RSLU bekerja sama dengan LKS LU setempat yang ada di wilayah kendari,” ungkapnya saat melakukan kunjungan ke Wanggu, Rabu (12/6/2019) lalu. (a)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor : Kiki
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib