Tampilan Desktop



Maba Prodi Hukum USN Diajak Kenali Kearifan Lokal Kolaka
107 Dibaca

Maba Prodi Hukum USN Diajak Kenali Kearifan Lokal Kolaka USN – Maba Fakultas Hukum USN Kolaka diajak mengenali kearifan lokal bumi Mekongga melalui kegiatan harmonisasi di kampus itu. Kegiatan bertajuk pengenalan budaya lokal itu, diberikan kepada ratusan Maba yang dipusatkan di Kecamatan Wundulako, kabupaten Kolaka, Sabtu (16/9/2017) lalu. (Foto :Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Mahasiswa Baru (Maba)Fakultas Hukum Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) diajak mengenali kearifan lokal bumi Mekongga melalui kegiatan harmonisasi di kampus itu.

Kegiatan bertajuk pengenalan budaya lokal itu, diberikan kepada ratusan Maba yang dipusatkan di Kecamatan Wundulako, kabupaten Kolaka, Sabtu (16/9) lalu. Kegiatan tersebut merupakan bentuk camp-sehari bagi para Maba.

Dosen Hukum USN Kolaka Syamsul Rijal mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kepada Maba USN, bahwa kampus itu berkedudukan di Kabupaten Kolaka. Dengan demikian, pihaknya juga menanmkan rasa kepemilikannya terhadap bumi Mekongga, walaupun sebagian dari Maba itu berasal dari luar daerah Kolaka, bahkan dari Sumatera.

“Kami memberikan informasi kearifan lokal yang ada di daerah ini, termasuk penamaan kampus Sembilanbelas November dan bagaimana sejarah Islam masuk di Bumi Wonua Mekongga. Hal demikian ini juga menjadi bagian dari pengetahuan hukum, khususnya hukum adat,” jelas Syamsul Rijal, melalui Kasubag Kerjasama dan Humas USN Kolaka, Takwa Rachman dalam siaran persnya, Minggu (17/9/2017).

Kata Samsul Rijal, kegiatan yang dilaksanakan di luar kampus tersebut merupakan upaya prodi Fakultas Hukum USN Kolaka membantu mahasiswa untuk mengenal dan mengarifi budaya bangsa sebagai bagian integral dari khazanah yang ada di wilayah nusantara atau negeri ini.

“Mahasiswa tentu harus tahu dan mencintai setiap budaya bangsanya, termasuk yang ada di Kabupaten Kolaka ini meskipun dia adalah warga pendatang atau dari luar. Hanya dengan mencintai budaya atau kearifan lokal, kita dapat memperkuat persaudaraan dan menjadi peneguhan nilai-nilai kebhinekaan yang saat ini terkesan pudar,” katanya.

Sementara itu, Dekan Fakuktas Hukum USN Kolaka Yahyanto mengatakan, kegiatan yang diprakarsai pihaknya itu setidaknya salah bentuk pengenalan atau orientasi awal pada mahasiswa dalam membina keakraban atau persaudaraan baik kepada mahasiswa lama maupun bagi dosen-dosen mereka di fakultas hukum.

Kata dia, kegiatan penerimaan Maba baik tingkat universitas maupun tingkat fakultas sudah resmi berakhir. Sedangkan kegiatan yang mereka lakukan kali ini semata-mata sebagai wujud rekreasi bersama yang dikemas dalam sajian pengenalan budaya.

“Apalagi mahasiswa kami, khusus di Fakultas Hukum ada juga yang jauh-jauh saudara kita dari Medan-Sumatera, dan memilih kuliah di USN Kolaka. Sehingga hal inilah yang mendorong untuk kita ajak dan bawa mereka secara langsung mengenali budaya lokal daerah ini. Kecamatan Wundulako, sengaja kita pilih karena beberapa situs-situs sejarah dan budaya ada di sana, terutama soal kesejarahan daerah atau kerajaan Mekongga, “urainya. (*)

 

Penulis: Abdul Saban

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com