iklan zonasultra

Ma’had Al Jami’a IAIN Kendari Berikan Pelatihan Muballighah Kepada Mahasantri Kampus

IAIN Kendari
IAIN Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ma’had Al Jami’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari memberikan pelatihan Muballighah kepada mahasantri Ma’had Aljami’ah IAIN sejak 1-3 September 2018. Dalam kegiatan tersebut, sejumlah Muballigh/Muballighah kondang Sultra pun dipercaya menjadi pemateri.

Kepala UPT Ma’had Al Jami’ah IAIN Kendari, Hasdin Has mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dakwa santri yang merupakan salah satu kompetensi wajib yang harus dimiliki mahasantri Ma’had Aljami’ah.

Iklan Zonasultra

“Ma’had Al Jami’ah kental dengan budaya pesantren, mahasantri wajib memiliki kemampuan menjadi muballighah untuk itu kami bertanggung jawab meningkatkan kapasitas mereka melalui pelatihan ini,” kata Hasdin, Senin (3/9/2018).

Harapannya, dengan kegiatan tersebut, para santri nantinya sudah bisa mengisi ceramah baik itu di masjid kampus, maupun masjid kampung.

Ketua panitia penyelenggara, Ni’matuzzuhra, mengungkapkan selama pelatihan berlangsung, peserta pelatihan dilatih beretorika ceramah dan kiat untuk menjadi muballighah yang mudah diterima oleh masyarakat. Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, para mahasantri yang mengikuti pelatihan muballigah ini akan mengisi ceramah kultum di masjid IAIN Kendari mulai hari senin mendatang.

(Baca Juga : Kreasi IAIN Kendari Unjuk Karya Lewat Pameran Fotografi)

“Praktik ini bertujuan agar kemampuan tablighnya terus terasah serta menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk mengikuti kegiatan serupa,” ungkapnya

Untuk diketahui, Ma’had Al Jami’ah IAIN Kendari merupakan pesantren kampus yang dikhususkan bagi mahasiswi. Kini jumlahnya mencapai 165 orang yang didominasi oleh mahasiswi penerima beasiswa bidikmisi. Selain bernuansa pesantren, para mahasantri juga ditargetkan mampu menjadi mahasiswa paripurna yang memiliki wawasan keilmuan, keagamaan, kemampuan bahasa asing serta penguasaan IT yang memadai sehingga siap berkiprah di tengah masyarakat. (B)

 


Reporter : Sri Rahayu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib