Honda

Mahasiswa KKN UHO Beri Pemeriksaan Kesehatan Gratis Warga Kecamatan Anggalomoare

Mahasiswa KKN UHO Beri Pemeriksaan Kesehatan Gratis Warga Kecamatan Anggalomoare
PEMERIKSAAN KESEHATAN - Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Galu, Kecamatan Anggalomoare, Kabupaten Konawe melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga di empat desa yakni Desa Galu, Desa Tabanggele, Desa Abelisawa dan Desa Andobeujaya. (Istimewa).

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Galu, Kecamatan Anggalomoare, Kabupaten Konawe melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga di empat desa yakni Desa Galu, Desa Tabanggele, Desa Abelisawa dan Desa Andobeujaya.

Mahasiswa yang berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat tersebu memiliki beberapa program khusus sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak 5-8 Agustus tersebut, mahasiswa mencatat 224 warga yang telah menerima pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga : 4 Daerah Ini Bakal Jadi Lokasi KKN UHO, Khusus Tematik Diarahkan ke Konut

iklan zonasultra

Ketua panitia kegiatan, Zainul Muhlisin mengungkapkan, pemeriksaan yang mereka lakukan hanya berfokus pada tekanan darah, glukosa darah, asam urat, dan kolesterol berdasarkan data beberapa penyakit tertinggi di Kecamatan Anggalomoare.

“Masih akan ada kegiatan selanjutnya untuk beberapa hari ke depan yang tentunya berorientasi pada kesehatan,” kata Zainul melalui pesan WhatsApp, Rabu (7/8/2019).

Ketua Dosen Pembimbing Lapangan KKN Tematik Desa Galu, Satrio Wicaksono mengungkapkan, kegiatan ini sebagai skrining awal dari beberapa penyakit dan sebagai usaha memahamkan masyrakat pola hidup yang baik untuk mencegah penyakit.

Mahasiswa KKN UHO Beri Pemeriksaan Kesehatan Gratis Warga Kecamatan Anggalomoare

“Jika hasil pemeriksaan menunjukkan telah menderita salah satu penyakit, tentunya masyarakat harus mengubah pola hidup yang lebih sehat, seperti mengamalkan gizi seimbang, PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) dalam rumah tangga dan meningkatkan aktivitas fisik sehari,” kata Satrio.

Dekan Fakultas kedokteran, Juminten Saimin mengatakan, kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, yang disatukan dalam bentuk kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga : Pendiri UHO Prof. Eddy Mokodompit Raih Penghargaan dari UNM

Manfaatnya bagi mahasiswa secara langsung dapat menerapkan ilmu selama di bangku perkuliahan, meningkatkan jiwa sosial di masyarakat dan antarmahasiswa. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan di bidang pengembangan ilmu diperoleh data kondisi kesehatan masyarakat Kecamatan Anggalomoare, khususnya di empat desa tersebut.

“Nantinya ini akan menjadi landasan menangani masalah kesehatan tersebut jika akan dilakukan tahap kuratif nantinya. Diharapkan dengan kegiatan ini lebih diutamakan usaha promotif dan preventif dalam penanganan penyakit,” ujarnya. (b)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib