iklan zonasultra

iklan zonasultra

Maksimalkan Perikanan Tangkap, DKP Kendari Perjuangkan Modal Usaha Nelayan

Kepala DKP Kota Kendari Agus Salim Safrullah
Agus Salim

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari terus berupaya membina nelayan di Ibukota Sulawesi Tenggara ini agar bisa lebih memaksimalkan hasil dari sektor perikanan tangkap.

Kepala DKP Kota Kendari Agus Salim mengatakan, saat ini pihaknya terus berupaya untuk mengairahkan usaha perikanan tangkap sehingga agar semakin banyak warga yang tertarik dengan sektor ini.

(Baca Juga : Cuaca Ekstrim, Harga Ikan di Kendari Naik)

Salah satu yang dilakukan oleh DKP Kota Kendari ungkapnya, dengan mendorong sektor-sektor pembiayaan dari perbankan guna memberikan dukungan modal bagi para nelayan yang bergerak dibidang perikanan tangkap.

“Saat ini yang menjadi kendala utama nelayan untuk mengembangkan usaha perikanan tangkap ini adalah permodalan. Jadi kami dari pemerintah tentunya akan mengupayakan agar mereka mendapatkan modal usahanya melalui bantuan modal dari perbankan,”jelasnya, di ruang kerjanya, Selasa (3/7/2018).

Agus Salim menuturkan, salah satu dukungan yang diberikan pemerintah untuk permodalan para nelayan ini dengan adanya kebijakan skema asuransi kapal ikan. Hal ini menjadi salah satu indikator yang bisa mendorong perbankan mendukung permodalan usaha perikanan tangkap.

(Baca Juga : DKP Kendari Minta Nelayan Ikut Asuransi)

Saat ini lanjutnya, produksi perikanan tangkap nelayan-nelayan yang ada di Kota Kendari jika dibandingkan pada tahun 2017 lalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jika dipersentasekan peningkatannya mencapai 60 persen.

“Peningkatan produksi tersebut menunjukkan bahwa kinerja sektor kelautan dan perikanan selama setahun terakhir menunjukkan peningkatan. Jadi kami terus mengupayakan agar sektor ini semakin berkembang di Kota Kendari,”tuturnya. (B)

 


Reporter : M Rasman Saputra
Editor : Rustam

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib