iklan zonasultra

MAN IC Kendari Lolos Seleksi Akademi Madrasah Digital 2020

Madrasah Aliah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kendari
Madrasah Aliah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kendari dinyatakan lolos seleksi Akademi Madrasah Digital (AMD) 2020 dengan mengalahkan ratusan madrasah lainnya.

Kepala MAN IC Kendari, Abdul Basit mengungkapkan sebanyak 5 orang siswanya yang tergabung dalam satu tim berhasil lolos dengan karya ilmiah berjudul “Proyer Ranger (Protection Sprayer Ranger): Inovasi Monitoring Pernyemprotan Pestisida Alami Pembasmi Hama Padi Berbasis Internet Ofthings (IOT) Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045”.

Basit mengaku bangga, sebab di tengah pandemi siswanya masih bisa menunjukan kreatifitasnya yang membawa nama baik sekolah maupun daerah di ajang nasional.

“Senang sekali. Ini menjadi titik awal bagi kami semua untuk tetap produktif di masa pandemi, bahwa kreatifitas siswa semakin terasah di situasi ini, karena siswa memiliki banyak waktu untuk lebih mengeksplore kemampuannya,” ujarnya dihubungi Jumat (10/7/2020).

Lima siswanya yang tergabung dalam satu tim tersebut Ahmad Faiz, Aisyah Nur Khovifah Basri, Muhammad Ismail Khozin, Mustiar, dan Siti Umi Zuhliah Muhraeni R.

Program AMD 2020 terbuka bagi para pelajar MA negeri atau swasta di seluruh Indonesia yang telah duduk di kelas 11. Pendaftaran AMD 2020 dibuka sejak 17 April hingga 31 Mei 2020 lalu. Seluruh siswa yang proposalnya dinyatakan lolos masih akan bersaing untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3 sebagai peserta terbaik dengan total hadiah puluhan juta dari Kemeterian Agama (Kemenag) serta hadiah lain dari para sponsor.

Untuk diketahui, AMD Tahun 2020 merupakan ajang pelatihan siswa madrasah yang diikuti oleh siswa MA di seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag bekerjasama dengan PT XL Axiata. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib