Tampilan Desktop



Manfaat Digital Detox
112 Dibaca

Manfaat digital Detox

Manfaat digital Detox

Kecanduan gadget ternyata dapat membuat tingkat stres menjadi lebih tinggi. Bahkan, mereka yang sudah kecanduan sosial media dan gadget seringkali merasa tidak bisa hidup tanpa gadget. Hal tersebut bisa terjadi karena berbagi informasi yang didapatkan dari gadget mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Itulah sebabnya sangat penting untuk melakukan detoksifikasi digital untuk membantu kita keluar dari situasi ini.
Cobalah mengambil waktu untuk beristirahat dan menjauhkan diri dari berbagai gadget yang ada. Pasti anda akan merasa segar.

Baca Juga : https://zonasultra.com/kecanduan-gadget-ayo-digital-detox.html
Berbagai manfaat digital detox yang akan anda dapatkan diantaranya adalah.

Mata yang tegang akan menjadi rileks
Desain gadget modern ini memaksa semua kita untuk menundukkan kepala dan memfokuskan mata pada layar smartphone atau gadget yang lain, sehingga radiasi yang dipancarkan oleh monitor maupun layar tersebut mengganggu dan membuat mata kita menjadi tegang. Jika anda menjauhkan mata dari layar gadget, sudah pasti mata akan sangat berterima kasih kepada anda.

Lebih menikmati makanan
Beberapa orang diantara kita tidak jarang yang makan sambil memegang gadget sehingga kita tidak tahu apakah makanan tersebut enak atau tidak, atau kemungkinan besar kita tidak akan bisa menikmati makanan yang dihidangkan. Mulai saat ini, cobalah menjauhkan gadget dari meja makan untuk menikmati sepenuhnya hidangan yang disajikan.

Melegakan telinga
Tidakkah anda mengamati bahwa, setiap kali menelpon terutama dalam waktu yang sangat lama, telepon yang kita gunakan akan membuat kuping menjadi panas. Begitu juga apabila kita menggunakan earphone untuk mendengarkan musik selama berjam-jam, earphone tersebut bisa menyebabkan infeksi pada telinga. Jadi cobalah untuk melakukan detox digital setiap seminggu sekali untuk membantu meringankan berbagai beban yang ditanggung oleh telinga anda.

Menciptakan waktu yang berkualitas
Saat ini tidak jarang kita melihat pasangan yang sibuk dengan gadgetnya masing-masing dan mulai tidak peduli dengan orang disekitarnya. Dengan menjauhkan gadget, kita akan memiliki waktu berkualitas dengan orang yang kita cintai dan akan meningkatkan hubungan pribadi.

Kedamaian
Saat anda meninggalkan berbagai barang elektronik seperti smartphone, laptop, tablet dan yang lainnya termasuk juga TV. Anda akan memiliki pikiran yang lebih damai, perasaan yang segar, tubuh yang rileks dan hidup terasa lebih indah.

Tidur lebih nyenyak
Kualitas tidur harus ditingkatkan. Tidak ada kata lain selain menyingkirkan gadget sementara anda tidur. Berbagai notifikasi termasuk pesan yang masuk, pemberitahuan dari sosial media dan lain-lain seringkali menjadi gangguan konstan yang membuat kualitas tidur sangat buruk sehingga kurang beristirahat menyebabkan penyakit mudah datang.

Memperkuat ingatan
Sebuah studi baru-baru ini mengatakan bahwa mereka yang sering menggunakan berbagai bentuk benda digital mengalami penurunan kognitif atau penurunan memori yang sangat tajam. Dengan sering meninggalkan gadget atau tidak kecanduan terhadap berbagai barang elektronik akan membuat anda kembali memiliki ingatan yang kuat.

Mengurangi Faktor Pemicu stres
Stres bisa datang dari berbagai hal dan bisa dipicu berbagai faktor genetik. Salah satunya adalah benda digital. Bahkan, beberapa orang mungkin saja yang berubah menjadi sangat tertekan hanya dengan melihat gadget yang ia miliki. Hal tersebut bisa terjadi apabila berkaitan dengan deadline, pekerjaan dan lain-lain. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kualitas hidup ada baiknya anda melakukan digital detox setiap setidaknya setiap seminggu sekali.

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com