Honda

Mari Tebari Kolaka Ajak Masyarakat Tidak Buang Sampah Plastik ke Laut

Mari Tebari Kolaka Ajak Masyarakat Tidak Buang Sampah Plastik ke Laut
BERSIH PANTAI - Masyarakat Bahari Teluk Bone Lestari (Mari Tebari) Kabupaten Kolaka bersama beberapa komunitas dan organisasi melakukan aksi bersih pantai dan laut yang diselenggarakan di sepanjang Pantai Kakao Kolaka, Sabtu (18/8/2019). Aksi ini sekaligus memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-74 tahun. (Sitti Nurmalasari/ ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Masyarakat Bahari Teluk Bone Lestari (Mari Tebari) Kabupaten Kolaka mengajak sekaligus mengimbau masyarakat wilayah Bumi Mekongga agar menghentikan kebiasaan membuang sampah ke laut.

Seruan tersebut dilakukan dalam aksi nyata bersih pantai dan laut yang diselenggarakan di sepanjang Pantai Kakao Kolaka, Sabtu (18/8/2019). Aksi ini sekaligus memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-74 tahun.

Ketua Mari Tebari Kolaka, Syahrir mengatakan kegiatan ini untuk menyadarkan warga di wilayah otorita Ahmad Safei, agar menghentikan membuang sampah ke laut khususnya sampah plastik. Kata dia, hal ini guna menjaga kelestarian ekosistem laut yang saat ini sudah mulai tercemari.

iklan zonasultra

Mari Tebari Kolaka bersama beberapa komunitas dan organisasi di daerah tersebut melakukan aksi bersih pantai dan laut. Mereka mengumpulkan semua sampah khususnya plastik yang bertebaran di sekitar Pantai Kakao Kolaka.

“Sampah yang kita kumpulkan dalam aksi ini kurang lebih 264,7 kilogram sampah plastik,” ujarnya.

Selanjutnya, sampah yang terkumpul kata dia akan dilaporkan secara nasional, setelah itu diserahkan ke Dinas Kebersihan untuk sampah organik. Sementara sampah plastik diserahkan ke industri pengelola dan pengumpul sampah plastik.

(Baca Juga : Pemerintah Kolaka Ingatkan Masyarakat Jaga Kebersihan Bumi Mekongga)

Setelah melakukan aksi pemungutan sampah, memilah, dan menimbang sampah yang berhasil dikumpulkan, para peserta aksi bersih pantai dan laut kemudian menghadap ke laut sambil bergandengan tangan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

“Selama ini kita selalu membelakangi laut. Kita hanya menjarah kekayaan biota lautnya saja, tanpa peduli untuk menjaga kelestariannya,” tambahnya.

Mari Tebari Kolaka Ajak Masyarakat Tidak Buang Sampah Plastik ke Laut

Hadir pada kegiatan aksi tersebut, Asisten II Setda Kolaka, Kasim Madaria mengatakan pemerintah daerah memberikan dukungan kepada Mari Tebari atas inisiatif menggelar kegiatan bersih pantai dan laut.

Ia mengharapkan kegiatan ini rutin di laksanakan, namun tidak sebatas komunitas ini saja, seluruh elemen masyarakat pun diharapkan bisa terlibat dan berpartisipasi atau setidaknya mulai sadar untuk tidak membuang sampah di laut.

“Banyak berita-berita tentang ikan yang mati karena sampah plastik. Ini tentunya sangat mengkhawatirkan,” pungkasnya.

Dalam kegiatan Menghadap Laut 2.0 Aksi Bersih Pantai dan Laut Kabupaten Kolaka, Sultra ini diramaikan oleh PMI Kolaka, Polairud Polres Kolaka, BKIPM Kendari, BKIPM Kolaka, Mahasiswa Pecinta Alam USN Kolaka, Siswa Pecinta Alam Kolaka, Organisasi SDC, SAR Kolaka, Mahasiswa Teknik USN, dan Dosen USN Kolaka. (B)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib