iklan zonasultra

Masker Langka di Kendari, Harganya Naik Hingga 3 Kali Lipat

Stok Masker Kimia Farma Kendari Menipis, Harga Jual Masih Normal
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Stok masker di wilayah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami kelangkaan. Akibatnya, harga alat pengaman kesehatan itu mengalami kenaikan hingga 3 kali lipat dari Rp 30 ribu menjadi Rp 90 ribu per dosnya.

Koordinator Kantor Penguhubung Kabupaten Konawe Utara (Konut) di Kendari, Riyani Tayeb mengungkapkan, kelangkaan diketahui saat dirinya mendatangi beberapa apotik di wilayah itu untuk membeli masker.

Namun, wanita berhijab ini kaget saat mendengar penjualan masker telah mencapai angka Rp 90 ribuan per dos isi 50 pics.

iklan zonasultra

“Saya ke apotik mau beli masker ada yang pesan orang dari Morosi 300 dos, tapi barangnya kosong. Dan petugas apotiknya bilang harganya sudah naik menjadi Rp 90 ribu perdosnya. Saya sudah keliling cari barangnya langka, “kata Riyani melalui pesan Whats App, Minggu (9/2/2020).

Ia menyampaikan, munculnya virius corona sejak januari lalu di Kota Wuhan China diduga menjadi penyebab langkanya stok masker. Sebab, alat yang biasa digunakan untuk menutupi mulut dan hidung itu saat ini dipasok ke China dan tempat-tempat lainnya yang rentan dengan wabah penyakit mematikan itu.

“Di China sangat membutuhkan masker untuk mengantisipasi penularan virus corona. Masker mulut kan berfungsi sebagai alat bantu untuk melindungi, mencegah, dan mengurangi efek negatif dari partikel polusi atau kuman di udara yang dapat mengganggu kesehatan kita,”tukasnya. (b)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib