iklan zonasultra

Masyarakat 3 Desa di Konut Segera Direlokasi

Masyarakat 3 Desa di Konut Segera Direlokasi
PENANGGULANGAN BENCANA - Bupati dan Wakil Bupati Konut, Ruksamin-Raup bersama Dandim 1417/Kendari dan tim penanggulangan bencana saat turun menyalurkan bantuan logisitik kepada para korban banjir bandang. (Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Masyarakat yang bermukim dekat bantaran Sungai Walasolo wilayah Desa Wangggudu Raya, Tapuwatu, dan Walalindu, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), segera direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Bupati Konut, Ruksamin mengatakan sebelumnya dirinya sudah turun langsung menyalurkan logistik bersama tim kepada para korban banjir bandang di wilayah kepemimpinanya itu. Dalam penyaluran itu, dia melakukan komunikasi terhadap masyarakat.

Baca Juga : Jembatan Trans Sulawesi di Konut Segera Difungsikan

iklan zonasultra

Dialog yang berlangsung itu, terkait rencana aksi pemindahan tempat tinggal dari bantaran sungai ke tempat yang lebih baik dan bebas banjir. Hal tersebut, disambut baik oleh warga setempat dan menguasakan sepenuhnya kepada pemerintah.

“Saat berbincang, warga menyerahkan semuanya kepada pemerintah mengenai lokasi yang akan ditempati nanti. Relokasi ini atas permintaan warga setempat. Sedangkan tempat tingggalnya kami akan buatkan rumah hunian sementara (huntara),” kata Ruksamin di posko induk penanggulangan bencana banjir, Minggu (16/6/2019).

Untuk memaksimalkan langkah tersebut, Senin (17/6/ 2019) besok pihaknya akan menggelar rapat koordinasi masa tanggap darurat bersama jajaran Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Konut, juga tim penanggulangan bencana banjir yang melibatkan langsung TNI, Polri, BNPB RI, Basarnas, BPBD dan tim lainnya.

“Dalam rapat besok, kita akan tentukan titik untuk tempat relokasinya. Masa tanggap darurat kan kita perpanjang sampai dua minggu ke depan. Inilah yang kita manfaatkan semaksimal mungkin, agar proses penanggulangan bencana banjir berjalan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga : Jembatan Penghubung Sultra-Sulteng Amblas, Lima Kecamatan di Konut Terisolasi

Di lakosi banjir, Warga Wanggudu Raya, Nurlin mengungkapkan bahwa dirinya bersama keluarganya sudah tidak mau lagi tinggal di kawasan dekat sungai. Hal itu, disebabkan rasa trauma yang mendalam akibat banjir yang menenggelamkan kediamannya hingga menyisakan atap saja.

“Kalau ada bantuan rumah dari pemerintah nanti saya mau pindahmi saja di Lamondowo. Saya tidak maumi tinggal disini (Wanggudu Raya) saya trauma banjir,” ucapnya kepada awak media Zonasultra.Com. (B)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib