Masyarakat Diajak Tingkatkan Perekonomian di Sektor Pertanian dan Kelautan, Bukan Tambang

Masyarakat Diajak Tingkatkan Perekonomian di Sektor Pertanian dan Kelautan, Bukan Tambang
KULIAH UMUM - Pakar ekonomi Indonesia, Faisal Bahri saat memberikan kuliah umum tentang Kualitas Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) Selasa (17/4/2018). (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pakar ekonomi Indonesia, Faisal Bahri mengajak masyarakat di Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk memanfaatkan sektor pertanian dan kelautan dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah itu.

Hal itu diungkapkan Fasil Basri saat memberikan kuliah umum tentang Kualitas Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) Selasa (17/4/2018).

Menurunya, perekonomian Indonesia makin kurang gaul khususnya ekspor dan impornya. Diketahui, ekspor dan impor Sultra sendiri berada diangka 13 dan 11 persen, sehingga bisa dikatakan kesejahteraan rakyat sangat terbatas.

“Untuk itu mari kita tingkatkan keterbukaan ekonomi Sultra agar tidak hanya bergantung pada pertambangan melainkan mengembangkan sektor pertanian dan kelautan sebagai Sumber Daya Alam (SDA) unggul daerah ini,” katanya.

Kedepannya, kata dia, perekonomian Sultra harus berada diatas rata- rata nasional. Ini perlu menjadi target bersama baik pemerintah maupun masyarakat.

“Ayo kembali ke jati diri, dimana Indonesia adalah negara maritim yang dirajut oleh laut. Ironis jika barang diangkut lewat darat. Mari kita manfaatkan SDA kita ini. Seperti yang diungkapkan Soekarno sebagai presiden pertama Indonesia, bahwa membangun Indonesia, kita harus menguasai lautan dengan memperbanyak armada,” tegas Faisal.

Dia menilai, Kementrian Kelautan dan Perikanan dibawah kepemimpinan Susi Pudjiastuti sudah mengedepankan kedaulatan dengan melarang kapal asing menangkap ikan di perairan Indonesia serta mengedepankan pengelolaan yang keberlanjutan.

“Sehingga subsektor perikanan paling tinggi dan lebih tinggi dari pertumbuhan produk domestik bruto (PDB), diharapkan Sultra bisa ikut berpartisipasi dalam sektor perikanan karena distulah keunikan daerah ini ketimbang daerah lain,” tuturnya.

Faisal menambahkan, jika pertumbuhan ekonomi perikanan dan kelautan konsisten dengan kebijakan yang ada saat ini, maka nelayan bisa sejahtera. (B)

 


Reporter : Sri Rahayu
Editor : Abdul Saban
loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib