Masyarakat Saponda Butuh Perhatian Serius Pemerintah

9

Anggota DPRD Sultra, Litanto mengungkapkan disektor pendidikan dan kesehatan di pulau Saponda sangat memprihatinkan. Di pulau itu kekurangan tenaga guuru dan medis. “Harapan kita kalau a

Anggota DPRD Sultra, Litanto mengungkapkan disektor pendidikan dan kesehatan di pulau Saponda sangat memprihatinkan. Di pulau itu kekurangan tenaga guuru dan medis.

“Harapan kita kalau ada pengangkatan guru-guru dan kesehatan diprioritaskanlah di daerah sana,” ujar Litanto, Minggu (8/2/2015).

Menurut Litanto, sebenarnya di Saponda ada tenaga guru dan tenaga medis yang bisa diangkat sebagai pegawai negeri namun tidak ada peluang. “Pegawai negeri dari luar yang ditugaskan di sana tidak betah, menyeberangnya saja setengah mati,” kata legislator PDIP itu.

Permasalahan lain yang perlu segera diatasi adalah tingginya tingkat abrasi (pengikisan) air laut di pulau itu. Kepadatan penduduk yang terus bertambah dengan daerah yang tidak luas kelak akan menimbulkan masalah. Karena itu perlu segera dipikirkan solusinya.

“Tapi itu kan perlu kita sosialisasi dulu dan tidak secara serta merta kita mau pindahkan. Diberikan pemahaman kepada mereka dan perlu pertimbangan tertentu.” Tandasnya.

APBD Kabupaten Konawe yang hampir mencapai satu triliun menurut Litanto belum cukup untuk membiayai infrastruktur dan bidang lainnya di kabupaten itu sehingga membutuhkan bantuan pemerintah provinsi untuk pengangaran. (Taslim) 

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib