iklan zonasultra

Masyarakat Sultra Habiskan 405 Terabyte Pake Data Telkomsel Saat Nataru

Manager Network Service PT Telkomsel Branch Kendari, Teksan Ismail
Teksan Ismail

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Selama libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Telkomsel mencatat penggunaan paket data oleh masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) mencapai 405 terabyte.

Manager Network Service PT Telkomsel Branch Kendari, Teksan Ismail mengatakan, saat puncak libur Natal dan tahun baru 2019 ke 2020, tercatat untuk data naik 45,82 persen dan voice turun 8,33 persen dibandingkan puncak tahun baru 2018 ke 2019.

Iklan Zonasultra

Menurutnya, angka naik signifikan sebab rata-rata secara nasional kenaikannya hanya mencapai 16 persen saja.

Penggunaan layanan data ini banyak digunakan oleh masyarakat Sultra untuk media sosial. Khusus untuk aplikasi video sendiri, YouTube mencapai sekitar 85 persen, kemudian media sosial Facebook 66 persen, Instagram 36 persen dan sisanya media sosial lainnya.

Kemudian peningkatan pemakaian payload Telkomsel ini juga disumbangkan oleh para gamers di Sultra. Posisi pertama mobile legend 33 persen, free fire 20 persen, PUBG 17 persen sisanya game lainnya.

Untuk aplikasi musik, Joox menduduki posisi pertama kemudian Spotify.

“Menurunnya voice dikarena ada pergeseran orang yang sering menggunakan telepon biasa ke telpon by aplikasi WA, Telegram, Facebook jadi penggunaan data meningkat,” ungkap Teksan di ruang kerjanya, Rabu (8/1/2020).

(Baca Juga : Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Siapkan Layanan Pelanggan 24 Jam)

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang rutin terjadi pada momen natal dan pergantian tahuh itu, jauh hari Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringan yang ada.

Di Kendari misalnya, beberapa point of interest (POI) dengan trafik komunikasi terpadat, pihaknya melakukan pengoptimalan jaringan misalnya di Lippo Plaza Kendari, Kendari Beach dan Pantai Toronipa, Bandara Haluoleo yang memang diprediksi menjadi lokasi yang banyak dikunjungi masyarakat.

Teksan berharap dengan kondisi ini pihaknya dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya penggguna setia Telkomsel.

Serta bagi masyarakat yang saat ini belum melakukan upgrade kartu ke sistem 4G untuk segera melakukan migrasi. Pasalnya pihaknya terus melakukan upaya untuk peningkatan kapasitas bandwith 4G di Sultra. (b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib