iklan zonasultra

iklan zonasultra

Melakukan Hal Ini, Puasa Anda jadi Lebih Bermakna

Ini Hal yang Harus Dipersiapkan Jelang Ramadan Sesuai Syariat Islam
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

Artinya, barang siapa yang melakukan amal kebaikan dibulan ramadhan, maka pahalanya akan akan dilipatgandakan. Untuk itu, memperbanyak sholat, termasuk sholat sunnah di bulan Ramadhan sangat dianjurkan.

Bersedekah
Bersedekah tentunya dianjurkan bukan hanya dilakukan pada bulan Ramadhan saja. Namun, mengingat bulan ramadhan adalan bulan yang mulai, dimana setiap kebaikan dilipatgandakan, lebih baik lagi jika sedekah diperbanyak di bulan penuh berkah ini.

Membaca Al-qur’an
Membaca Alquran di bulan Ramadan tentu saja memiliki banyak keutamaan, diantaranya mendapatkan paha berkali lipat, dapat menjauhkan diri dari godaan setan, sebab setan membenci orang yang membaca Alquran, menjadikan waktu lebih produktif, lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk bagi umat muslim. Jika di hari-hari biasa kita jarang membaca Al-Qur’an, maka di bulan Ramadhan itulah kesempatan yang baik untuk membaca, memahami dan mengamalkan isi kandungannya.

Perbanyak Berdoa
Salah satu keutamaan dibulan Ramadan ialah lebih didengarkannya doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Terlebih lagi, disaat bulan ramadhan, orang yang berpuasa lebih dekat lagi dengan Allah SWT. Namun, tetap saja, doa yang dipanjatkan dengan khusyuk dan sungguh-sungguh, terlebih sesudah sholat insyaallah akan dikabulkan.

Mengikuti pengajian di Mesjid Terdekat
Nah, untuk cara yang satu ini, daripada kalian nganggur. Mending kalian ikut kajian-kajian yang ada di masjid terdekat. Hitung-hitung kajian tersebut bisa menambah wawasan kalian seputar keagamaan.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kalian lakukan agar puasa bisa lebih bermakna. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, Muslim, dll) (B)

 


Reporter : Sri Rahayu
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib